.

UNIB Tingkatkan Kerjasama dengan University of New England

GUNA mendorong terwujudnya visi menjadi World Class University (WCU) pada 2025 yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti dalam statuta UNIB, berbagai kerjasama internasional terus dilakukan oleh PTN terbesar di Bengkulu ini. Salah satunya kerjasama dengan University of New England (UNE), Australia.

Kerjasama UNIB dan UNE telah terjalin dengan baik sejak tahun 2017 yang dilandasi dengan nota kesepahaman kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani kedua belah pihak.

Aplikasi dari kerjasama itu antara lain dengan menghadirkan Dosen Senior Faculty of Humanities, Arts, Social Sciences and Education UNE, Dr. Zifirdaus Adnan, ke UNIB untuk memberikan training dan workshop terkait publikasi karya ilmiah bertaraf internasional.

Pada tahun 2018, kemitraan UNIB dan UNE terus berlanjut dan ditingkatkan yang salah satunya diaplikasikan dalam bentuk kegiatan kerjasama riset dan publikasi internasional antara Dosen FKIP UNIB Prof. Safnil dengan dosen UNE.

Karena dinilai telah memberikan banyak kemanfaatan dalam pengembangan kualitas dan kapasitas bagi kedua institusi, maka UNIB dan UNE sepakat meningkatkan kerjasama baik secara kuantitas maupun kualitas program yang akan diaplikasikan.

Terkait rencana peningkatan kerjasama tersebut, pada tanggal 3 Desember lalu, delegasi UNIB telah berkunjung ke UNE dan melakukan sejumlah pembahasan intensif dengan Vice Chancellor dan pihak lainnya di UNE.

Delegasi UNIB terdiri dari Dekan FKIP Prof. Sudarwan Danim, Dekan FMIPA Dr. Zul Bahrum Caniago, Dekan FISIP Dr. Aminuddin, Prof. Safnil (Dosen Senior dan Peneliti FKIP), Dr Azwandi (Dosen Senior dan Peneliti FKIP), serta Dr. Muhammad Abduh (Dosen FEB).

Kunjungan delegasi UNIB ini disambut baik oleh Vice Chancellor dan pihak lainnya dari UNE. Kemudian sambutan hangat dan penuh persahabatan juga ditunjukkan oleh Dr. Zifirdaus Adnan yang beberapa waktu lalu sudah beberapa kali berkunjung ke UNIB.

Dalam pertemuan dengan Dekan dan perwakilan lainnya dari Faculty of Humanities, Arts, Social Sciences and Education UNE, ada beberapa hal yang dibicarakan secara intensif untuk peningkatan kerjasama antara UNE dan UNIB.

Kerjasama ini akan ditingkatkan dan diaplikasikan dengan antara lain, memfasilitasi kemungkinan studi lanjut dosen UNIB di Program Pascasarjana UNE, kolaborasi riset, peningkatan publikasi jurnal melalui joint publication atau program workshop, joint seminar dan mentoring dari UNE.

Kemudian kedua belah pihak juga membahas tentang kemungkinan melaksanakan program staff mobility dari UNE ke UNIB, dimana mereka dapat melakukan riset, memberikan kuliah, workshop dan lainnya selama program mobility di UNIB, kemungkinan joint degree, joint project terkait pemberdayaan dan pengabdian masyarakat, serta kemungkinan untuk student mobility/exchange program.[Hms/ksli]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates