.

UNIB dan Universiti Sains Malaysia Tingkatkan Kerjasama

KETUA Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNIB, Dr. rer. nat. Totok Eka Suharto beserta beberapa dosen dan peneliti UNIB baru-baru ini melakukan kunjungan ke Universiti Sains Malaysia (USM). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kerjasama yang sudah terjalin antara kedua institusi sejak April 2018 lalu.

Turut serta dalam kunjungan ini antara lain Dr. Hery Suhartoyo dan Ir. Basuki Sigit Priyono, M.Sc dari LPPM UNIB, serta Dr. Yansen yang merupakan Kepala Kantor Kerjasama dan Layanan Internasional (KSLI) UNIB.

Delegasi UNIB yang dipimpin Dr. Totok Eka Suharto diterima baik dan penuh rasa persahabatan oleh Direktur dan para Peneliti  di Knowledge Transfer Center USM. Kemudian, rombongan juga diterima secara baik dan melakukan pertemuan intensif dengan Vice Chancellor (President) USM, Prof. Asma Ismail.

Setelah mendiskusikan sejumlah rencana program peningkatan kerjasmaa, rombongan juga diajak dan dipandu mengunjungi berbagai fasilitas serta melihat langsung aktivitas pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian di kampus USM.

Dari kunjungan dan pertemuan ini, kedua belah pihak sepakat meningkatkan kerjasama berbagai program dalam upaya meningkatkan kualitas penelitian dan pembelajaran, antara lain melalui kegiatan staff and student exchange, kerjasama riset, knowledge transfer program, joint training dan workshops serta projects bersama.

“Pada 2019 kita akan meningkatkan kerjasama dengan USM melalui program staff and student exchange, knowledge transfer program dan kegiatan lainnya. Dengan kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas penelitian, kualitas pembelajaran dan kualitas lulusan,” ujar Ketua KLSI UNIB Dr. Yansen.

Sebelumnya kata Yansen, UNIB telah mengirim mahasiswa untuk melakukan Kerja Praktek di USM, kemudian mengirimkan satu orang staf dalam program staff exchange. Kegiatan ini berjalan baik dan berdampak positif bagai kedua belah pihak.

Lalu, pada Agustus 2018, enam akademisi USM yang dipimpin Prof. Haslan Abu Hassan sebagai Director of Knowledge Transfer Centre USM juga telah berkunjung dan melakukan diskusi dengan para peneliti UNIB.

Dalam diskusi ini, masing-masing pihak merasa sangat penting untuk melakukan kerjasama berbagai aspek dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan yang merupakan salah satu tugas perguruan tinggi.[Hms1/Ksli]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates