.

Tingkatkan Fasilitas dan Akreditasi Menuju WCU 2025

SELAIN meningkatkan kerjasama luar negeri dan pergaulan internasional, UNIB juga terus meningkatkan fasilitas gedung perkuliahan, sarana prasarana penunjang akademik, kualitas layanan publik, serta menaikkan nilai akreditasi program studi dan akreditasi institusi, guna mendorong terwujudnya visi menjadi world class university (WCU) pada 2025.

“Berbagai aspek penunjang kualitas akademik terus kita tingkatkan. Pelayanan publik yang prima melalui Unit Layanan Terpadu (ULT), serta peningkatkan akreditasi program studi dan institusi baik akreditasi nasional maupun internasional juga terus dilakukan. Semua ini merupakan suatu keniscayaan untuk mendorong terwujudnya visi institusi menjadi WCU pada 2025,” ujar Rektor UNIB, Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc, pada acara Forum Komunikasi Publik dan Uji Publik Pelayanan Terpadu UNIB serta Peresmian Unit Layanan Terpadu (ULT) dan Gedung Penunjang Perkuliahan, yang dipusatkan di gedung Laboratorium Moot Court Fakultas Hukum UNIB, Kamis (27/12/2018).

Acara ini dihadiri Gubernur Bengkulu yang diwakili Asisten I Pemprov, Hamkah Sabri, para wakil rektor, para dekan dan pimpinan unit kerja selingkung UNIB, para pimpinan bank mitra kerjasama UNIB, para dosen, perwakilan mahasiswa, serta puluhan wartawan media cetak dan elektronik.

Rektor menjelaskan, pada tahun 2018 beberapa gedung penunjang perkualiahan dan laboratorium telah selesai dibangun dan segera dimanfaatkan, antara lain Gedung Pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Gedung Pascasarajan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Gedung Laboratorium Terpadu Fakultas Pertanian (FP), Gedung Laboratorium Penguji Terpadu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Gedung Laboratorium Pembelajaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Gedung Laboratorium Moot Court Fakultas Hukum (FH), Gedung ULT di Lantai 1 Rektorat, serta Gedung Olahraga dan Sport Center.

Gedung-gedung baru ini dilengkapi berbagai fasilitas penunjang perkuliahan dan penelitian berbasis teknologi informasi dan diresmikan serentak pada hari ini yang ditandai dengan penandatanganan prasasti masing-masing gedung oleh rektor dan pimpinan fakultas.

Kemudian, ada beberapa gedung yang masih tahap proses pembangunan dan ditargetkan selesai pada 2019 mendatang seperti gedung penunjang Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Teknik. Lalu, pada 2019 UNIB juga akan membangun Rumah Sakit Pendidikan di kawasan Padang Harapan (Eks gedung Poltekkes) untuk menunjang Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Pembangunan Rumah Sakit Pendidikan ini nanti, didukung pendanaan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Saudi Found for Development (SFD).

Di bidang keterbukaan informasi publik, berdasarkan pemeringkatan Komisi Informasi Publik (KIP) UNIB pada tahun 2016 dan 2017, UNIB menempati 10 besar terbaik nasional dari ratusan PTN yang dilakukan pemeringkatan. Kemudian pada 2018, sistem pemeringkatan berubah namun UNIB masih masuk dalam PTN dengan predikat “Cukup Informatif” sejajar dengan PTN-PTN besar lainnya. Bersamaan dengan itu pula, UNIB merealisasikan pembentukan Unit Layanan Terpadu (ULT) yang menjadi syarat terwujudnya pelayanan publik yang baik di UNIB. Dan di bidang pelaporan serta akuntansi keuangan, berdasarkan hasil pemeriksaan audit BPK RI, UNIB meraih predikat Warja Tanpa Pengecualian (WTP) empat tahun berturut-turut.

Lalu sebagai bentuk komitmen dan kesungguhan mewujudkan Kawasan Berintegritas dan Melayani sebagaimana diamanahkan dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) No. 2 Tahun 2018, UNIB juga telah siap dan telah menyelesaikan pedoman dasar pelayanan publik seperti SOP (Standar Operasional Procedure), standar pelayanan sesuai analisis beban kerja dan jabatan. Standar Pelayanan Publik yang menjadi prioritas pelayanan pada tahun pertama ini sebanyak 32 kegiatan pelayanan seperti bidang pembelajaran (akademik), kepegawaian, kerjasama dan kemahasiswaan.

Bidang peningkatan akreditasi, untuk akreditasi program studi saat ini dari 78 program studi yang ada di UNIB sebanyak 16 program studi telah terakreditasi A, sebanyak 44 program studi terakreditasi B, dan 18 program studi terakreditasi C termasuk beberapa program studi yang baru. Selain akreditasi program studi yang terus ditingkatkan, UNIB juga melakukan reakreditasi perpustakaan yang saat ini telah meraih nilai akreditasi A.

Ke depan UNIB tengah berupaya meningkatkan akreditasi institusi yang saat ini berstatus B, ditargetkan meraih akreditasi A. Kemudian, mendorong akreditasi internasional seperti akreditasi Program Studi Manajemen yang tengah diproses oleh lembaga akreditasi internasional ABEST21. Ditargetkan pada 2019 mendatang UNIB memiliki minimal satu program studi yang terakreditasi internasional.

Kemudian peningkatan sumber daya manusia (SDM), peningkatan kapasitas dan kualitas hasil penelitian serta peningkatan program pengabdian kepada masyarakat juga terus dilakukan. Di bidang SDM, untuk tahun 2018 UNIB mendapat alokasi penerimaan 100 lebih CPNS Dosen setelah empat tahun tidak mendapatkan alokasi. Pengiriman dosen untuk mengikuti studi lanjut baik di dalam maupun luar negeri juga terus dilakukan dalam upaya peningkatan SDM, juga program-program lainnya. Di bidang penelitian, seperti memberikan penghargaan dan insentif bagi dosen peneliti juga terus dilakukan, dan untuk pengabdian kepada masyarakat salah satunya melaksanakan program KKN mahasiswa masih menjadi pilihan baik untuk KKN bersama maupun KKN dengan tema khusus.

Rektor mengucapkan terimakasih kepada semua pihak khususnya kepada pemerintah daerah dan pihak perbankkan serta mitra kerjasama lainnya yang telah bekerjasama dan mensuport program-program dalam memajukan UNIB selama ini. Ke depan diharapkan kerjasama yang baik dan program pembangunan terintegrasi dapat dilaksanakan secara berkesinambungan.

“Semoga gedung-gedung beserta sarana dan prasarana yang kita resmikan hari ini dapat dimanfaatkan secara baik untuk menunjang pembelajaran, meningkatkan kualitas hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta meningkatkan akreditasi institusi. Dan selain dimanfaatkan, mari kita pelihara dengan baik,” tukas Rektor.

Usai memaparkan tentang beberapa capaian UNIB tahun 2018 dan menjelaskan program UNIB tahun 2019 akan datang, Rektor melakukan jumpa pers dan dialog dengan undangan yang hadir. Kemudian, melakukan peresmian gedung Laboratorium Moot Court Fakultas Hukum yang ditandai dengan pengguntingan pita, serta menandatangani prasasti gedung-gedung lainnya.

Di akhir acara, setelah sua foto bersama dengan para undangan, Rektor didampingi para wakil rektor, para dekan dan pimpinan unit kerja selingkung UNIB lainnya menyempatkan diri meninjau langsung Gedung Olahraga (GOR) dan Sport Center UNIB yang berdiri megah di Jalan Budi Utomo UNIB depan. [Hms1. Foto : Hms1/naga]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates