.

Siswa SMAN I Mukomuko dan Seluma Kunjungi UNIB

PULUHAN siswa berprestasi dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kabupaten Mukomuko beserta kepala sekolah dan para dewan gurunya berkunjung ke kampus Universitas Bengkulu, Jumat (2/11/2018). Sehari sebelumnya, Kamis (1/11/2018), hal serupa juga dilakukan oleh puluhan siswa berprestasi SMAN I Kabupaten Seluma.

Kunjungan para siswa SMA ini disambut baik oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Drs. Syahrial, MA, M.Phil yang memimpin dialog di ruangan rapat IV gedung rektorat. Selain Wakil Rektor III, tampak hadir pula Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Dr. Ardilafiza, SH, M.Hum, Kepala Biro Perencanaan, Pendidikan dan Kemahasiswaan (PPK) Dra. Proklampiati, MM, Kepala Bagian Pembelajaran Muhammad Napis, S.Pd, Kepala Sub Bagian Registrasi Yudi Heriadi, S.Kom dan Wakil Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Alimansyah, SIP, MPA.

Para siswa SMAN 1 Mukomuko didampingi oleh Kepala Sekolahnya Agus Mustopa, S.Pd, MM dan para siswa SMAN 1 Seluma juga didampingi Kepala Sekolahnya Agus Salim, S.Pd.

“Kami menyambut baik dan sangat mengapresiasi kunjungan para siswa berprestasi ini. Kegiatan ini banyak manfaatnya, terutama untuk memotivasi para siswa untuk melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah setelah lulus SMA nanti. Kemudian, dengan kunjungan ini para siswa dapat mengenal kehidupan kampus dan memantapkan niatnya untuk memilih UNIB sebagai tempat kuliahnya nanti,” ujar Wakil Rektor III UNIB, Dr. Syahrial.

Dijelaskan Dr. Syahrial, tahun 2019 nanti UNIB tetap membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur Mandiri. Namun ada beberapa perubahan sistem dan kouta yang masih menunggu penetapan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Bagi siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, bila nanti lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dapat mendaftar untuk mendapat beasiswa Bidik Misi. Kemudian bagi siswa-siswa berprestasi di bidang minat bakat (non akademik), juga akan diberikan kemudahan dan mendapat prioritas masuk kuliah di UNIB, serta akan diusulkan juga agar mendapatkan beasiswa.

“Misalnya adik-adik pernah menjadi juara I olahraga karate atau cabang olahraga lainnya, bisa diprioritaskan masuk ke UNIB dan akan diusulkan mendapatkan beasiswa. Begitupun prestasi bidang seni dan lain sebagainya. Tapi minimal juara pada kejuaraan tingkat provinsi. Kita menyediakan jalur khusus melalui prestasi potensi minat dan bakat,” papar Dr. Syahrial.

Kemudian dari segi fasilitas dan kualitas pengajaran, sebagai perguruan tinggi nomor satu di Provinsi Bengkulu UNIB juga tidak kalah dengan universitas-universitas lainnya se Indonesia. Bahkan UNIB merupakan sepuluh besar terbaik se Indonesia dari segi kualitas rasio dosen dan mahasiswa.

Jika sudah kuliah di UNIB dan mampu meraih nilai akademik dengan Indeks Prestasi (IP) lebih dari 3 (tiga), para mahasiswa juga berpeluang mendapatkan beasiswa yang cukup banyak disediakan UNIB dan para mitra kerjasama, seperti beasiswa PT. Dajrum, beasiswa Bank Mandiri, Bank BRI, BNI, beasiswa PPA, dan beasiswa dari Yayasan Salim.

“Adik-adik sebagai putra daerah Bengkulu, kami menghimbau agar memilih UNIB sebagai tempat kuliahnya nanti. Terutama bagi adik-adik yang memiliki prestasi, mendaftarlah ke UNIB,  Anda akan kami prioritaskan,” ujar Dr. Syahrial.

Setelah berdialog kurang lebih dua jam dengan unsur pimpinan UNIB di ruang rapat IV gedung rektorat, para siswa SMAN I Mukomuko dan SMAN I Seluma mengunjungi dan melihat langsung gedung fakultas, gedung-gedung tempat perkuliahan serta sarana dan prasarana di kampus UNIB yang sejuk dan asri. [Hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates