.

Rektor Lepas “Rafflesia Proto” Ikut Kontes Mobil Hemat Energi 2018

REKTOR UNIB, Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc didampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Drs. Syahrial, M.Phil melakukan pelepasan Mobil Rafflesia Proto untuk mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 antar perguruan tinggi se Indonesia yang akan dihelat di Universitas Negeri Padang, tanggal 27 November hingga 1 Desember 2018.

Pelepasan ditandai dengan pemasangan helm kepada driver dan menyaksikan uji coba mobil Rafflesia Proto di halaman gedung rektorat, Rabu sore (21/11/2018).

Mobil hemat energi yang diberi nama Rafflesia Proto ini merupakan hasil rekayasa Tim Rafflesia mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNIB yang dinyatakan lolos seleksi oleh Tim Penilai Kemenristek Dikti dan menjadi salah satu dari 74 finalis KMHE 2018 yang segera dihelat di UNP 27 November mendatang.

KMHE merupakan event tahunan berskala nasional yang diselenggarakan Kemenristekdikti sebagai wadah memperlombakan mobil kreasi mahasiswa yang berorientasi pada efisiensi energi. Setelah beberapa tahun absen pada event ini, kini mahasiswa Teknik Mesin UNIB kembali berpartisipasi dan lolos sebagai finalis.

KMHE 2018 akan memperlombakan mobil rancangan mahasiswa yang dibagi empat kelas berdasarkan motor penggerak yang digunakan, yaitu Motor Pembakar Dalam (MDP) Gasoline, MDP Etanol, MPD Diesel dan Motor Listrik.

“Mobil kita yang diberi nama Rafflesia Proto ini akan mengikuti kategori MDP Gasoline. Kita sangat bersyukur, setelah beberapa tahun absen pada ajang ini, kini lolos seleksi dan menjadi salah satu dari 74 finalis,” ujar Dosen Pembimbing KMHE, Agus Nuramal, ST, MT.

Agus berharap dukungan semua pihak agar Tim Rafflesia Fakultas Teknik UNIB dapat berpartisipasi dengan baik serta menorehkan prestasi pada KMHE 2018 di UNP tanggal 27 November mendatang.

“Kami mohon doa restu dan dukungan dari pimpinan serta seluruh sivitas akademika UNIB, semoga mahasiswa kita mampu berkompetisi secara baik dan meraih prestasi,” ujarnya.

Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi menyambut baik kegiatan ini dan mengucapkan selamat kepada Tim Rafflesia Fakultas Teknik yang lolos sebagai finalis KMHE 2018. Sebagai salah satu bentuk supportnya, Rektor juga menjanjikan bonus uang pembinaan kepada Tim Rafflesia bila mampu meraih prestasi minimal peringkat 10 besar.

“Kita tidak perlu muluk-muluk karena pesertanya banyak dan persaingan sangat ketat. Bila pada ajang ini Tim Rafflesia mampu menjadi 10 besar terbaik, saya akan berikan bonus dari uang pribadi saya,” ujar Rektor seraya berpesan agar para anggota tim senantiasa jaga kekompakan dan selalu bersemangat.

Rektor juga berharap kreativitas dan inovasi mahasiswa selalu dikembangkan sebagai bentuk aplikasi ilmu yang telah didapat di bangku kuliah. Tidak hanya berbentuk mobil atau motor yang berorientasi hemat energi, tapi juga dalam hal teknologi pemanfaatan energi terbarukan dan teknologi lainnya seperti pengolahan sampah yang efektif dan efisien.

“Kembangkan terus kreativitas Anda. Seperti masalah penanganan sampah, saat ini sangat dibutuhkan teknologi tepat guna yang efekif dan efisien. Saya tantang saudara untuk menciptakan suatu teknologi agar mampu menjawab kebutuhan penanganan sampah,” tukas Rektor.

Pelepasan dan uji coba Mobil Rafflesia Proto ini juga disaksikan Kepala Biro PPK UNIB Dra. Proklampiati, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik UNIB Afdhal Kurniawan M, ST, MT, Ketua Jurusan Teknik Mesin FT UNIB Dr. Dedi Suryadi, ST, MT, para dosen serta puluhan mahasiswa Fakultas Teknik lainnya. Mobil Rafflesia Proto berhasil melaju menelusuri jalan melingkar di lapangan rektorat UNIB, dan siap berlaga pada KMHE 2018.[Hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates