.

Ratusan Mahasiswa FMIPA UNIB Ikuti Seminar Sukses di Era Disrupsi

RATUSAN mahasiswa yang merupakan pengurus DPM, BEM, UKM dan HIMA, serta para mahasiswa baru tahun 2018 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) mengikuti seminar motivasi yang dipaparkan dosen Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Ir. Abdul Basith, M.Si, Rabu (15/11/2018) di aula kampus IV FMIPA UNIB kawasan Padang Harapan (eks Poltekkes).

Para mahasiswa sangat antusias mengikuti seminar yang bertajuk “Sukses di Era Disrupsi Menuju Indonesia 4.0,” ini. Sebab, pemateri yang dihadirkan merupakan seorang motivator ulung yang pernah mendapat penghargaan Muesum Rekor Indonesia (MURI) dan telah banyak memberikan pencerahan kepada berbagai lapisan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FMIPA Dr. Drs. Fanani Haryo Widodo, M.Sc mewakili Dekan FMIPA Dr. Zulbahrum Chaniago yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya, Dr. Fanani menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu agenda meningkatkan atmosfer akademik sekaligus memberikan motivasi dan rasa percaya diri kepada para mahasiswa agar bisa menjadi orang yang sukses.

“Kita sangat bangga karena hari ini seorang akademisi, pengusaha dan juga motivator ulung tingkat nasional yaitu Bapak Dr. Abdul Basith telah menyempatkan diri untuk hadir dan berbagi tips dan kiat-kiat sukses, serta merubah cara pikir dan cara pandang para mahasiswa FMIPA agar menjadi orang-orang hebat dan berkarakter. Semoga kegiatan ini dapat memberikan pengkayaan ilmu pengetahun kepada kita semua,” ujarnya.

Sementara itu, Dr. Abdul Basith ketika menyampaikan materi banyak melakukan interaksi kepada peserta seminar, bahkan kepada peserta yang berani tampil ke depan ketika diminta, Abdul Basith langsung merogoh kantong dan memberikan uang pecahan Rp.50 ribu kepada para mahasiswa yang tampil percaya diri tersebut. Hal ini membuat suasana “cair”, tidak monoton dan acap bergemuruh dengan suara tepuk tangan ratusan mahasiswa.

Dr. Abdul Basith memulai seminar dengan menayangkan slideshow berisi kutifan Jim Rohn, “Let others lead small lives, but not you…Let others argue over small things, but not you…Let others cry over small hurts, but not you…Let others leave their future in someone else’s hands, but not you.” Oleh Abdul Basith, kutifan ini diminta satu peserta maju ke depan dan membacakannya dengan cara “berpuisi”. Sebagai penghargaan Ia memberikan uang Rp.50 ribu kepada mahasiswa tersebut.

Bagaimana menjadi orang sukses ? Kata Dr. Abdul Basith, untuk menggapai kesuksesan seseorang harus menumbuhkan dan memiliki 5 C. C pertama yaitu Character, mulailah memelihara sifat-sifat positif dalam diri Anda. Kedua, Care, peduli terhadap orang lain. Ketiga, Chief,  jiwa kepemimpinan.

C Keempat yaitu Cheer, senantiasa riang gembira dan mengendalikan amarah. Anda selalu baik-baik saja sekalipun sedang tidak baik. Dan C kelima adalah Company, yakin bahwa suatu saat kita bisa membangun perusahaan  sendiri. Demikian dipaparkan oleh Abdul Basith yang merupakan Trainer Utama di M2Academy (Mentor Miliarder Academy).[Hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates