.

Mobil Listrik BLITS Mampir ke Kampus UNIB

SELAIN singgah di Kantor Gubernur Bengkulu, Tim BLITS Explore Indonesia juga mampir ke kampus Universitas Bengkulu, sebelum melanjutkan misinya mengelilingi Indonesia di kawasan Pulau Sumatera dengan menggunakan mobil listrik hasil karya mahasiswa Universitas Budi Luhur dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Kamis (22/11/2018).

Kehadiran Tim BLITS Explore Indonesia ini disambut baik oleh Wakil Rektor UNIB Bidang Kemahasiswaan, Dr. Syahrial, M.Phil yang didampingi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik UNIB Afdhal Kurniawan, ST, MT dan para dosen FT UNIB lainnya.

Pada diskusi dengan Tim BLITS Explore Indonesia yang berlangsung di ruang rapat pimpinan UNIB, Dr. Syahrial mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada para mahasiswa ITS dan Budi Luruh yang telah menghasilkan karya luar biasa ini berupa mobil listrik yang kini sedang melakukan uji coba keliling Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi hasil karya anak negeri yang mampu menciptakan mobil dengan teknologi baru dan ramah lingkungan ini. Semoga misi BLITS Explore Indonesia berjalan lancar dan dapat menginspirasi para mahasiswa UNIB dan anak negeri lainnya agar ke depan mampu menghasilkan karya-karya yang luar biasa,” ujarnya.

Meskipun tidak ikut melakukan test dirve, namun Dr. Syahrial telah melihat langsung dan mengaku sangat kagum dengan penampilan dua unit mobil listrik yang dibawa oleh para Mahasiswa ITS dan Budi Luhur tersebut. “Silahkan Pak Afdhal saja yang menyetirnya dan tunjukkan dengan mahasiswa kita di Fakultas Teknik agar mereka ikut terinspirasi,” ujar Dr. Syahrial.

Mobil listrik yang dibawa oleh para mahasiswa ITS sebanyak dua unit, yaitu jenis Kasuari dengan kekuatan 40 KWh dan mobil jenis Blitz dengan kekuatan 90 KWh.

Agus Mukhlisin sebagai Ketua Tim Blitz Explore Indonesia mengatakan, misi keliling Indonesia dimulai dari Pulau Jawa kemudian berlanjut ke Pulau Sumatera yang menjadi titik nol perjalanan. Setelah itu, misi dilanjutkan ke Kalimantan, Sulawesi, Papua, Bali dan Lombok. Total jarak tempuh yang akan dilalui 15 ribu KM, dan direncanakan akan dilakukan selama 100 hari.

Mobil listrik ini memiliki spesifikasi dengan memakai listrik dari bateray berkekuatan 5 KWH, dengan kemampuan jarak tempuh 5 Km per satu KWH-nya. Artinya, mobil ini dapat menempuh jarak hingga 25 kilometer untuk kapasitas bateray 5 KWH. Untuk memenuhi kebutuhan listrik, Tim Blitz Explore Indonesia bekerjasama dan didukung penuh oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).[Hms1/net]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates