.

MC dan Protokoler Berperan Penting Menjaga Citra Institusi

MASTER of Ceremony (MC) dan protokoler merupakan pihak yang sangat berperan dalam mensukseskan suatu kegiatan formal/non formal, internal maupun bersifat eksternal yang dilakukan institusi atau organisasi. Kemampuan mengelola suatu kegiatan dan menjamu tamu yang hadir adalah bagian penting harus dimiliki MC dan Protokoler Perguruan Tinggi demi menjaga kredebilitas dan citra institusi agar tetap baik.

Mengingat dan menyadari akan pentingnya peran MC dan protokoler itu, maka Bagian Umum dan Humas UNIB kembali menyelenggarakan pelatihan Keprotokolan dan MC sebagai salah satu implementasi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menuju tercapainya visi institusi menjadi world class university (WCU) pada 2025.

Pelatihan berlangsung sehari di ruang rapat utama gedung rektorat UNIB, Kamis (29/11/2018), diikuti 80 peserta dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor UNIB Bidang Sumber Daya, Dr. Ir. Sigit Sudjatmiko, M.Sc.

Kepala Bagian Umum dan Hubungan Masyarakat UNIB, Andris, ST, menjelaskan peserta pelatihan ini berasal dari unsur mahasiswa yang merupakan para pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan organisasi mahasiswa (Ormawa). Kemudian, perwakilan karyawan dan staf dari seluruh fakultas dan lembaga selingkung UNIB yang masing-masing tiga orang.

“Dengan mengikuti pelatihan ini, selain menambah pengetahuan dan pengalaman, diharapkan para peserta memiliki keterampilan dan percaya diri yang tinggi sehingga mampu mengelola dengan baik kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pada lingkungan organisasi mahasiswa maupun lingkungan fakultas masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor II UNIB Dr. Sigit Sudjatmiko dalam sambutannya mengatakan, untuk mendukung kemajuan UNIB ke depan, peran serta semua pihak sangat dibutuhkan, termasuk di antaranya para staf karyawan yang membidangi kegiatan MC dan keprotokolan.

“Semakin kita maju, semakin banyak pula kegiatan yang dilaksanakan baik kegiatan formal maupun non formal. Di sini peran MC dan protokoler sangat dibutuhkan agar sebuah acara dapat berjalan dengan baik dan memuaskan. Kegiatan yang baik akan mengangkat citra positif institusi, begitupun sebaliknya. Oleh sebab itu, menurut saya kegiatan pelatihan MC dan protokoler ini sangatlah penting,” ujarnya.

Kegiatan pelatihan ini menghadirkan dua pembicara yang tidak asing lagi di bidang MC dan keprotokolan UNIB. Mereka adalah Kepala Sub Bagian Tata Usaha (TU) UNIB yang juga seorang pembawa acara (Pewara)/MC kondang yaitu Hervelyta, S.Sos dan Kepala Sub Bagian Humas UNIB yang juga praktisi protokoler, Herlina Utami, SE.

Selain memaparkan materi tentang manajemen Pewara/MC, Teknis Penyajian Acara, dan Teknis Keprotokoleran, kedua pemateri ini juga mensosialisasikan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) No. 65 Tahun 2017 Tentang Keprotokolan di lingkungan Kemenristekdikti.[Hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates