.

Konferensi Pemuda ELS FEB UNIB Diapresiasi Plt. Gubernur Bengkulu

KONFERENSI Nasional Pemuda Bengkulu sebagai salah satu rangkaian Economic Leaders Summit (ELS) tahun 2018  yang dilaksanakan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BEM-KBM FEB) UNIB, mendapat apresiasi dari Plt. Gubernur Bengkulu Dr. dr. H. Rohidin Mersyah, MMA, Rabu (14/11/2018), di ruang rapat utama gedung rektorat UNIB.

Apresiasi tersebut disampaikan Plt. Gubernur karena tema yang diangkat pada konferensi ini sangat sejalan dengan program pemerintah memajukan Provinsi Bengkulu, yang salah satunya menjadikan Bengkulu Wonderful pada 2020.

Oleh sebab itu, selain membuka dan meresmikan acara ELS BEM-KBM FEB UNIB yang ditandai dengan pemukulan doll, Dr. Rohidin Mersyah dalam sambutannya menyampaikan dua hal penting terkait acara yang diikuti ratusan mahasiswa ini. Pertama, tentang Bengkulu Wonderful 2020 dan kedua, bagaimana mahasiswa, pemuda dan masyarakat menjadi wonderful.

“Dua hal ini sangat penting agar mahasiswa sebagai agent of change tidak salah kaprah memaknai program Bengkulu Wonderful 2020 dan dapat menyebarluaskan informasi yang benar kepada masyarakat tentang hal ini. Kemudian, agar mahasiswa dapat menjadi wonderful mulai dari diri sendiri,” ujar Rohidin.

Kata Rohidin, dalam memaknai program Bengkulu Wonderful 2020, jangan membayangkan bahwa pada tahun 2020 mendatang di Bengkulu akan dipenuhi mall, dibangun jalan layang dan gedung-gedung pencakar langit.

“Tidak, bukan itu maksudnya. Tapi membangun kesadaran kolektif tentang makna inti Bengkulu itu sendiri, sebagai daerah yang indah, sejuk, ramah, serta memiliki sejuta pesona dan sumber kekayaan alam yang berlimpah. Kemudian membangun rasa percaya diri yang kuat, optimistis dan bersemangat untuk menjadi terdepan di wilayah Sumatera dan Indonesia umumnya. Tidak lagi pesimis dan selalu diwarnai stigma negatif, daerah termiskin, terisolir dan lain sebagainya,” papar Rohidin.

Tidak harus menunggu 2020, saat ini saja kita sudah merasakan implementasi dari program ini. Di kantor-kantor, di sekolah-sekolah, kampus-kampus dan objek vital lainnya, setiap sudut tema “Bengkulu Wonderful” sudah menyebar, termasuk pada acara konferensi mahasiswa FEB hari ini.

Semangat kolektif itu sudah mulai terbangun, Bengkulu sudah banyak dilirik oleh daerah luar, wisatawan berdatangan, investasi terus menggeliat dan banyak dampak positif karena Bengkulu Wonderful terus digaungkan dan menyebar ke mana-mana.

Ketika orang mendengar Bengkulu, akan terbangun image sebuah daerah yang cantik dan mempesona. Wonderful sumber daya alamnya, wonderful destinasi wisatanya, wonderful kain batik besureknya, wonderful alat musik dol-nya, wonderful Bunga Rafflesianya, wonderful Benteng Marlboro-nya, wonderful pantai-nya, wonderful kopi-nya, wonderful masyarakatnya, dan para mahasiswa di Bengkulu juga wonderful. “Tapi gong-nya nanti yaitu pada 2020, Bengkulu akan benar-benar wonderful” tukas Rohidin.

Lalu bagaiman supaya menjadi mahasiswa dan pemuda hebat yang wonderful ? Menurut Rohidin, setidaknya ada empat K yang harus dimiliki, lalu diasah dan dikembangkan oleh mahasiswa. Empat K itu saling melangkapi satu sama lain, yaitu Karakter, Kompetitif, Komunikatif, dan Kolaboratif.

“Orang yang memiliki kompetisi (kompetitif), pintar saja, tidak bisa menjadi hebat kalau tidak berkarakter, tidak mampu berkomunikasi dan tidak bisa bekerjasama. Semoga kegiatan konferensi ini dapat menjadi salah satu wadah menempah adik-adik mahasiswa menjadi pribadi yang handal dengan memiliki 4 K itu,” tukas Rohidin.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc. Sebab, pembicara yang dihadirkan merupakan tokoh-tokoh sukses di bidang intrepreneur dan akademisi yang handal bidang ekonomi terapan. Para narasumber yaitu, seorang pengusaha sukses dan anggota DPD RI dari daerah pemilihan Bengkulu, Mohammad Saleh, SE, Owner Surya Bakery dan Wahana Surya, M. Mujadi Yadi.

Selain itu, panitia juga menghadirkan narasumber dari akademisi UNIB sekaligus pakar ekonomi Prof. Lizar Alfansi, dari Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Hemamalini, S.Sn, dan Pemuda Pelopor Pariwisata, Septian Riki.

“Semoga dengan kegiatan ini para mahasiswa akan memiliki jiwa kepemimpinan yang handal dan berkarakter, menambah wawasan dan menambah pengkayaan ilmu pengetahuan. Selamat melaksanakan konferensi dan terimakasih kepada Plt. Gubernur Bengkulu, Dr. Rohindin Mersyah yang telah mengapresiasi dan membuka kegiatan ini,” ujar Rektor.[Hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates