.

Rektor Pimpin Delegasi UNIB Sukseskan 8th Conference of RENPER di Manila

SEBAGAI President RENPER Asia, Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc memimpin langsung delegasi UNIB menghadiri dan turut berpartisipasi mensukseskan kegiatan 8th Conference of RENPER di San Beda University, Manila, Filipina, tanggal 23-24 Oktober 2018.

Delegasi UNIB antara lain Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Dr. Ir. Sigit Sudjatmiko, M.Sc Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Dr. Ardilafiza, SH, MH, Dekan Fakultas Pertanian Ir. Fahrurrozi, Ph.D, Kepala Kantor Kerjasama dan Layanan Luar Negeri Yansen, Ph.D, serta para dosen dan peneliti yang memaparkan makalah antara lain Prof. Zainal Muktamar, Prof. Nanik Setyowati, Dr. M. Farid, Dr. Abduh, Dr. Jonet Santoso, Dr. Titiek Kartika, dan lainnya.

Ketua Kantor Kerjasama dan Layanan Luar Negeri UNIB, Yansen, Ph.D menjelaskan, anggota Regional Network on Poverty Eradication (RENPER) sebanyak 15 universitas di kawasan Asia. Pada konferensi kali ini diikuti universitas dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Bangladesh, India, dan Jepang.

Selain konferensi juga dilaksanakan Council Meeting yang merupakan wadah pertemuan perwakilan dari masing-masing universitas anggota RENPER untuk membicarakan masalah-masalah terkait kemiskinan. Council Meeting dipimpin oleh Rektor UNIB sebagai Presiden RENPER.

Pada perhelatan internasional ini, Rektor UNIB juga memberikan Welcome Message dan Keynote Address tentang Financial Development in ASEAN.

RENPER adalah jaringan regional untuk pemberantasan kemiskinan di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Forum internasional ini sebagai wadah bagi para akademisi dan peneliti untuk berkontribusi membantu pemerintah mewujudkan pemberantasan kemiskinan secara efektif dan efisien.

UNIB sendiri merupakan salah satu universitas penggagas berdirinya RENPER dan pernah sukses sebagai tuan rumah Konferensi RENPER ke-3 tahun 2012 lalu.

Secara berurutan konferensi internasional ini pernah dilaksanakan di Universiti Malaysia Kelantan (UMK), Malaysia, tahun 2010, Universitas Battambang, Kamboja, tahun 2011, Universitas Bengkulu (UNIB), Indonesia, tahun 2012, Universiti Malaysia Kelantan (UMK), Malaysia, tahun 2013, Universitas Perbankan Kota Ho Chi Minh (BUHCMC), Vietnam, tahun 2014, Sri Venkateswara University (SVU), Tirupati, India, tahun 2015, dan Universitas Pertanian Bangladesh (BAU), Mymensingh, Bangladesh, pada tahun 2016.

Tema 8th Conference of RENPER adalah “Pengurangan Kemiskinan Perkotaan : Tantangan, Inisiatif Kebijakan, Program dan Praktik.” Sub tema mencakup, tetapi tidak terbatas pada Kemiskinan dan Kelaparan, Kesehatan dan Kebugaran, Komunitas Berkelanjutan, Ketahanan Lingkungan, Pendidikan dan Ketenagakerjaan, Perdamaian, Keadilan, dan Perkuatan Lembaga-lembaga Kemasyarakatan.[KSLI/Hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates