.

LPMPP UNIB Sosialisasi Dokumen Sistem Penjaminan Mutu

LEMBAGA Penjamin Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Bengkulu menggelar sosialisasi draf dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjamin Mutu Eksternal (SPME) yang mengacu pada Permenristekdikti Nomor 62 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, Rabu (31/10/2018).

Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan di ruang rapat gedung B UNIB itu dihadiri dan dibuka oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc serta diikuti oleh para Wakil Dekan I Bidang Akademik dari seluruh fakultas.

Ketua LPMPP UNIB, Prof. Dr. Ir. Dwinardi Apriyanto, M.Sc menjelaskan, penyusunan dokumen SPMI dan SPME UNIB mengacu kepada peraturan Kemenristekdikti sebagai guideline. Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan adanya saran, pendapat dan masukan dari stakeholder untuk penyempurnaan draf dokumen sebelum nanti ditetapkan oleh Rektor.

Kemudian setelah disahkan nanti, diharapkan dokumen ini benar-benar diimplementasikan dalam peningkatan quality insurance di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sehingga mendukung kelancaran proses akreditasi institusi maupun program studi, serta dapat menjadi basis dalam penyusunan perencanaan pengambangan UNIB ke depan.

Rektor UNIB mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada tim penyusun yang telah menyelesaikan draf dokumen SPMI dan SPME. Rektor berharap sosialisasi ini dilakukan seluas-luasnya melalui berbagai saluran yang ada seperti website dan media lainnya sehingga dapat diketahui secara massif oleh seluruh civitas akademika UNIB. Sebab, peningkatan mutu membutuhkan komitmen bersama dan kesadaran semua pihak.

“Uji publik internal yang dilakukan hari ini sudah cukup bagus karena dihadiri para wakil dekan dan masing-masing fakultas. Namun ke depan, sosialisasi ini harus dilakukan lebih luas lagi dan menjangkau semua pihak menggunakan berbagai media komunikasi yang ada seperti website dan lain sebagainya,” ujar Rektor.

Pantauan Tim Humas UNIB, materi sosialisasi dipaparkan oleh Sekretaris LPMPP UNIB, Dr. Drs. I Wayan Dharmayan, M.Psi. Materi tersebut menyangkut kebijakan SPMI, penyusunan SOP, Template SOP, Kode Dokumen SPMI, Skema Klasifikasi Arisp, dan lain sebagainya. Setelah pemaparan, para peserta diberikan kesempatan untuk memberikan komentar, pertanyaan dan masukan sehingga dokumen SPM UNIB kian sempurna.[Hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates