.

Guru Besar Matematika UNAND Kuliah Umum di UNIB

GURU besar bidang Matematika dari Universitas Andalas (UNAND), Sumatera Barat, Prof. Dr. Syafrizal Sy, M.Si memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa dari Program S1 Matematika, S1 Statistik dan S2 Statistik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNIB, di ruang rapat utama gedung rektorat UNIB, Rabu (17/10/2018).

Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan atmosfer akademik dan memotivasi para mahasiswa agar giat dan tekun serta selalu semangat mendalami ilmu matematika. Sebab, bagi sebagian orang, matematika sangat sulit dipelajari padahal bidang ini sangat penting dikuasai terutama menghadapi era globalisasi seperti sekarang ini.

“Kami sangat bangga dan mengucapkan terimakasih kepada Prof. Syafrizal yang telah meluangkan waktunya untuk kuliah umum ini. Semoga kehadiran Bapak dapat membangkitkan semangat adik-adik mahasiswa untuk menguasai ilmu yang bagi sebagian orang dianggap sulit ini,” ujar Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNIB, Dr. Mulia Astuti, M.Si.

Senada diungkapkan Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA UNIB, Dr. Irfan Gustian, M.Si. Mewakili pimpinan fakultas, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terimakasih kepada Prof. Syafrizal yang telah bersedia berbagi ilmu kepada para mahasiswa FMIPA UNIB.

Kuliah umum dengan tema “Matematika di Era Sustainable Development Goals (SDGs)” ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I UNIB Bidang Akademik, Prof. Lizar Alfansi. Selain mengapresiasi kegiatan ini, Prof. Lizar juga menekankan pentingnya penguasaan ilmu matematika dalam era milineal. “Tema yang diangkat sangat relevan dan ilmu matematika sangat penting dalam berbagai sendi kehidupan yang berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara itu, dalam kuliah umumnya Prof. Syafrizal mengatakan “Mathematics is everywhere. Matematika ada di dunia pendidikan, bidang teknologi, keuangan dan ansuransi, industri kreatif, keamanan, big data, bidang pembentukan karakter, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Guru besar yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Sumber Daya UNAND ini menjelaskan, sebagaimana dikatakan Peter Hilton (1996), matematika lahir karena keinginan manusia untuk mensistematiskan pengalaman hidupnya, menatanya, dan membuatnya mudah dimengerti, supaya dapat meramalkan dan bila memungkinkan mengendalikan peristiwa yang akan terhadi pada masa akan datang.

Pada era globalisasi sekarang ini matematika sangat penting, sebab era informasi dan globalisasi ini mengakibatkan terjadinya luapan pengetahuan karena kemajuan teknologi yang pesat, perubahan berlangsung di mana-mana, mempengaruhi cara orang untuk memecahkan masalah dan setiap individu/unit dituntut sebagai pembelajar.

Dengan menguasai ilmu matematika terbuka peluang untuk berkarir yang sangat besar. Banyak sekali profesi yang berkaitan dengan matematika di era globalisasi sekarang ini. Profesi tersebut antara lain, Analisis sistem IT, Statistikawan, Analisis Riset Operasi, Computer Scientist, Inventory Strategist, Software Engineer, Research Scientist, Ahli Keuangan/Perbankan, Financial Planner, Robotics Engineer, Konsultan Manajemen, Aktuaris, dan lain sebagainya.

Mathematics is the perfect formula for career. Jadi, bagi adik-adik mahasiswa yang telah memilih program studi matematika dan tekun mendalami ilmu matematika, itu adalah piluhan yang benar,” tukas Prof. Syafrizal.[Hms1/Han]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates