.

FKIP UNIB Sukses Gelar SEMIRATA BKS-PTN Barat dan ICETeP 2018

FAKULTAS Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan Seminar dan Rapat Koordinasi (SEMIRATA) BKS PTN Wilayah Barat, serta menghelat International Conference On Educational Sciences And Teacher Profession (ICETeP) tahun 2018.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, tanggal 26 hingga 28 Oktober 2018, di tiga tempat utama yaitu gedung rektorat, Gedung Pembelajaran dan Dekanat FKIP UNIB. Tema utama acara ini adalah “Revitalisasi Ilmu Pendidikan dan Profesi Guru di Era Revolusi 4.0,” dengan menghadirkan para pemateri yang expert di bidangnya baik dari dalam maupun luar negeri.

Para pemateri dan tamu undangan disambut tari persembahan dan sekapur sirih serta pembukaan acara ditandai dengan pemukulan doll secara bersama-sama oleh Direktur Karir dan Kompetensi SDM Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, MA, M.Pd, Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc, Ketua BKS-PTN Barat Bidang Pendidikan Dr. Sofia Hartati, M.Si (UNJ), dan Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Prof. Dr. Sjafsir Alkhlus, M.Sc.

Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Dekan FKIP UNIB, Prof. Sudarwan Danim, M.Pd mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini. Dia juga sangat bangga karena kegiatan ini sangat menginspirasi dan menunjukkan bahwa pendidikan merupakan kebutuhan dunia.

“Di dunia ini hanya ada dua profesi, yaitu Profesi Guru dan Profesi Lainnya. Hanya profesi guru yang dapat melahirkan profesi yang lainnya,” ujarnya.

Kemudian, Ketua BKS-PTN Wilayah Barat Bidang Pendidikan Dr. Sofia Hartati M.Si dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada FKIP UNIB yang telah menyiapkan kegiatan ini secara baik. Dekan FKIP UNJ juga mengingatkan kepada peserta rapat bahwa koordinasi yang dilakukan ini sangat penting untuk merefresh kembali profesi guru sebagai pekerjaan mulia yang ada di dunia ini.

Dilanjutkan dengan Sambutan Rektor Universitas Bengkulu Dr. Ridwan Nurazi M.Sc. yang menyampaikan begitu banyak kata inspirasi dan penuh dukungan terhadap terselenggaranya acara internasional yang diselenggarakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, dalam sambutannya selain mengucapkan selamat datang kepada seluruh pemateri dan peserta seminar, juga sangat mengapresiasi kegiatan SEMIRATA Bidang Pendidikan dan Seminar ICETeP ini. Karena banyak hal bisa menjadi inspirasi pada acara ini yang dapat berguna bagi kemajuan dunia pendidikan ke depan.

Pantauan Tim Humas UNIB, SEMIRATA dan ICETeP 2018 ini diisi dengan semiar dan rapat koordinasi untuk membahas program kerja BKS-PTN Barat Bidang Pendidikan.

Pada seminar internasional, menghadirkan pembicara utama antara lain, Prof. Ahmad Zabidi A Razak dari Universiti Malaya, Malaysia, dengan tema “A Preliminary Study Of Suitability Aspects For Implementation Of Life-Long Learning in Research Universities ”.

Pemateri berikutnya adalah Assoc. Prof. Hiroyuki Mitsuhara dari University Tokushima – Jepang dengan tema “How Should We Teach How to Survive Disaster ?”  dan ada juga pemateri sekaligus Rektor University Batambang – Kamboja, H.E Sieng Emtotim yang membahas tentang “Current State of Cambodian Higher Education Institutions”.

Seminar internasional ini dimoderatori oleh Hilda Puspita dan dihadiri oleh ratusan mahasiswa program pascasarjana, sarjana dan vokasi Fakultas FKIP UNIB serta para peserta SEMIRATA BKS-PTN Barat Bidang Pendidikan.

Di sisi lain, rapat koordinasi diwarnai dengan rapat pembahasan forum program studi, forum wakil dekan dan forum dekan bidang pendidikan. Kemudian dilakukan juga Coaching Clinic pembuatan Jurnal Internasional yang menjadi wadah bagi para peserta seminar untuk berlatih membuat karya ilmiah berskala internasional.[Ahand/Hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates