.

Seminar Penegakan Hukum Administrasi Negara

UNTUK meningkatkan atmosfer akademik dan memberikan pengkayaan ilmu pengetahuan kepada mahasiswa, Bagian HAN/HTN Fakultas Hukum Universitas Bengkulu menggelar seminar sehari dengan tema “Penegakan Hukum Administrasi Negara Dalam Berbagai Masalah Hukum Aktual” di Gedung J UNIB, Sabtu (8/9/2018).

Seminar ini diikuti ratusan mahasiswa semester tiga sampai semester tujuh program studi Sarjana (S1) Ilmu Hukum baik reguler maupun non reguler, dengan pembicara Akademisi Fakultas Hukum UNIB sendiri yaitu Prof. Dr. Juanda, SH, MH, Prof. Dr. Iskandar, SH, M.Hum, Dr. Edra Satmaidi, SH, MH dan Jonny Simamora, SH, M.Hum.

Ketua Panitia Penyelenggara, Arini Azka Muthia, SH, M.H mengatakan, seminar sehari ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dua kali dalam setahun oleh Bagian HAN/HTN Fakultas Hukum UNIB. Selain memberikan pengkayaan ilmu pengetahuan kepada para mahasiswa, melalui seminar ini diharapkan dapat menumbuhkan sikap responsif mahasiswa terhadap isu-isu aktual di bidang penegakan hukum sehingga tidak terpaku dengan teori-teori yang diterima di bangku kuliah.

“Terkadang teori yang disampaikan dosen di bangku kuliah tidak persis sama bahkan bertentangan dengan fenomena kekinian yang terjadi di tengah masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kenapa hal itu terjadi dan apa saja isu-isu hukum aktual yang harus disikapi oleh mahasiswa sebagai kaum intelektual ? Nah, melalui forum seminar ini lah berbagai masalah itu dibicarakan, sehingga mahasiswa terbiasa dan memiliki sikap responsif,” ujarnya.

Isu-isu yang dipaparkan para pemateri pada seminar kali ini adalah tentang “Penguatan Pemerinatahan Daerah” yang disampaikan Prof. Juanda, tentang “Karakteristik Hukum Ketenagakerjaan Indonesia” yang disampaikan Jonni Simamora, tentang “Penegakan Hukum Administrasi Pemerintah” disampaikan Prof. Iskandar, dan tentang “Aspek Administrasi dalam Hukum Agraria” dipaparkan oleh Ketua Bagian HAN/HTN Fakultas Hukum UNIB Dr. Edra Satmaidi.

Kegiatan ini disambut antusias oleh para mahasiswa karena isu-isu hukum yang dipaparkan para pemateri sangat relevan dengan teori-teori yang didapat di bangku kuliah sehari-hari. Antusiasme mahasiswa terlihat dari banyaknya respon, baik tanggapan atau pertanyaan yang diajukan kepada para pemateri setiap akhir sesi. Kemudian hingga berakhirnya seminar ini, para mahasiswa tidak beranjak dari tempat duduk masing-masing sehingga suasana tampak tertib dan nyaman.[Hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates