.

Penyerahan Alumni dan Penutupan Program Beasiswa STAR BPKP

SEBANYAK 191 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai instansi Pemerintah Daerah se Provinsi Bengkulu yang mendapat beasiswa Program STAR BPKP untuk pendidikan lanjutan pada Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Bengkulu telah lulus semuanya. Penyerahan alumni dan penutupan program dilaksanakan di gedung rektorat UNIB, Kamis (6/9/2018).

Alumni yang diserahkan ini merupakan peserta Program STAR yang diwisuda pada bulan April dan Agustus 2018. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Kepala Biro Perencanaan BPKP Pusat, Slamet Hariadi, kepada Pemerintah Daerah, antara lain kepada Gubernur Bengkulu yang diwakili Asisten III Pemprov Dr. Gotri Suyanto, Plt. Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, Bupati Lebong Rosjonsah, dan pejabat daerah lainnya termasuk kepada Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi.

Acara penyerahan alumni dan penutupan Program STAR BPKP ini dihadiri juga oleh para wakil rektor UNIB, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNIB Dr. Fahrudin JS Pareke, SE, M.Si, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Bram Brahmana, serta puluhan ASN alumni Program STAR BPKP.

Program State Accountability Revitalization (STAR) BPKP ini merupakan salah satu upaya reformasi di bidang pengawasan dan audit sektor publik yang dilakukan pemerintah atas implementasi bantuan Asian Development Bank (ADB).

Hasil yang diharapkan dengan pemberian bantuan beasiswa program kekhususan ini adalah meningkatkan kemampuan staf pengelola keuangan dan internal auditor pemerintahan di bidang akuntasi.

Jumlah ASN peserta Program STAR BPKP di Program Studi Magister Manajemen FEB UNIB sebanyak 191 orang yang dibagi dalam empat tahap. Semua peserta lulus dan telah diwisuda, serta berhak menyandang gelar akademik yang ditetapkan.

Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc mengucapkan terimakasih kepada BPKP yang telah bekerjasama dengan UNIB untuk melaksanakan program ini.

“Kepada para alumni, kami mengucapkan selamat dan sukses semoga bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk meningkatkan kinerja dan meningkatkan prestasi instansi tempatnya bekerja. Jaga nama baik diri sendiri dan nama baik almamater,” ujar Rektor.

Kepala Biro Perencanaan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan, Slamet Hariadi, mengucapkan terimakasih kepada UNIB yang telah bekerjasama dan berpartisipasi secara baik untuk mensukseskan program ini.

“Program STAR ini telah masuk blue book Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS). Semoga ke depan program ini dilanjutkan dan ditingkatkan serta bisa melibatkan UNIB kembali untuk mensukseskan progam yang akan datang,” ujarnya.

Slamet Riyadi berharap para alumni STAR BPKP dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang didapatnya untuk meningkatkan kinerja institusi terutama sektor pengelolaan keuangan dan akuntasi pemerintahan. Dan kepada instansi Pemerintah Daerah diharapkan dapat memberdayakan alumni STAR sesuai dengan kedudukan dan fungsi yang selaras dengan pengalaman dan ilmu pengetahuannya.

“Penempatan para alumni STAR ini harus disesuaikan dengan kompetensinya, kalau ditempatkan pada jabatan lain nanti ilmu yang mereka dapat tidak bisa diterapkan,” ujarnya.

Dengan adanya Program STAR BPKP ini sangat membantu pemerintah daerah dalam memenuhi SDM pengelola keuangan dan akuntansi pemerintahan yang kompeten. Dampaknya sangat terasa dalam peningkatan pengelolaan keuangan, salah satunya diukur dengan raihan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pemeriksaan yang dilakukan BPK RI.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong telah merasakan dampak positif program STAR BPKP ini. Dengan kehadiran para alumni STAR, pengelolaan keuangan daerah berjalan baik dan menghantarkan Kabupaten Lebong menerima WTP berturut-turut,” ujar Bupati Lebong, Rosjonsah, ketika menyampaikan testimoninya. [Hms1/foto:Ngamarudin].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates