.

Fakultas Teknik UNIB Sukses Menggelar SeNITia 2018

FAKULTAS Teknik Universitas Bengkulu sukses menyelenggarakan Seminar Nasional Teknologi Inovasi dan Aplikasi (SeNITia) tahun 2018 di ruang pertemuan Hotel Santika Kota Bengkulu, Kamis (27/9/2018). Acara ini dibuka secara resmi oleh Plt. Gubernur Bengkulu, Dr. drh. Rohidin Mersyah, M.MA sekaligus menjadi salah satu keynote speaker.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan doll yang merupakan alat musik tradisional Bengkulu oleh Dr. Rohidin Mersyah bersama Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc, Dekan FT UNIB Dr. Boko Susilo, Wakil Direktur Manajemen SKK Migas RI Luky Agung Lusgiantoro, serta dua keynote speaker lainnya yaitu Pakar Mobil Listrik (ITS) Dr. Muhammad Nur Yuniarto, dan Scientist dari Jepang Prof. Yasuhide Hobara.

Ketua Panitia Seminar, Anizar Indriani, ST, MT menjelaskan, SeNITia merupakan kegiatan akademik tahunan Fakultas Teknik UNIB yang bertujuan untuk menyediakan forum pertukaran informasi ilmiah teknologi, sosialisasi hasil-hasil penelitian, serta meningkatkan jejaring informasi antara lembaga penelitian, perguruan tinggi dan praktisi.

Tahun 2018 ini SeNITia mengangkat tema “Inovasi dan Teknologi untuk Pembangunan Indonesia Berkelanjutan,” diikuti 74 pemakalah yang didominasi oleh akademisi baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta, berasal dari Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Yogyakarta, dan Jawa Barat.

Topik makalah yang diseminarkan antara lain sistem informasi geografis, komputasi awan, web/mobile app, human computer interaction, e-government, kecerdasan buatan, pengolahan citra, data analisis, internet of things, manajemen, transportasi, struktur, sumber daya air, geoteknik, sistem manufaktur, material science, energi terbarukan, sistem desain, sistem kendali dan robotika, elektronika dan instrumentasi, computer dan sistem informasi, energi listrik, telekomunikasi, arsitektur dan tata ruang, dan arsitektur ramah lingkungan.

“Semoga dengan seminar ini dapat menambah informasi bidang teknologi, mempercepat alih teknologi hasil penelitian unggulan untuk pengembangan teknologi di Indonesia. Kemudian menjadi wadah pertukaran pengetahuan, membangun kerjasama antar institusi, pemerintah maupun swasta, serta praktisi,” ujarnya.

Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi memberikan apresiasi kepada Fakultas Teknik yang sukses menyelenggarakan seminar nasional ini. Ke depan diharapkan seminar ini ditingkatkan menjadi level internasional yang melibatkan akademisi dan praktisi dari berbagai negara.

“Peningkatan atmosfer akademik suatu keniscayaan dan sejalan dengan visi institusi kita harapkan ke depan seminar seperti ini dapat mengikutsertakan jejaring kerjasama internasional. Kemudian dengan seminar ini diharapkan mempercepat alih teknologi hasil penelitian dalam upaya mendorong kemajuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia khususnya di Provinsi Bengkulu,” ujar Rektor.

Sementara itu, Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengungkapkan tema seminar ini sangat relevan, sebab ilmu dan teknologi adalah dasar sebuah inovasi yang dapat diimplementasikan dalam pembangunan berkelanjutan.

Dalam kontek pembangunan daerah, Rohidin mengajak para akademisi dan peneliti untuk berkontribusi dengan menciptakan ide dan gagasan dalam mendorong peningkatan infrastruktur terintegrasi, membuka keterisolasian daerah, menciptakan teknologi tepat guna dalam peretasan ketertinggalan serta meminimalisir angka kemiskinan.

Kemudian Rohidin juga mengajak seluruh pihak khususnya para akademisi untuk mempromosikan Bengkulu kepada dunia luar, sebab daerah ini memiliki berbagai potensi sumber daya alam yang jika dikelola dengan baik akan memikat para investor untuk berinvestasi, serta memiliki sejumlah destinasi wisata yang tidak kalah menariknya dengan daerah lain di Indonesia.

“Kita sudah mencanangkan wonderful Bengkulu 2020. Suatu upaya membangun mindset bahwa Bengkulu merupakan suatu daerah yang kaya potensi alam, potensi wisata, kebudayaan serta keragaman suku bangsa yang hidup tentram, damai dan ramah. Wonderfull Bengkulu 2020 bukan semata dilihat dari event, tapi suatu gerakan membangun image bahwa Bengkulu merupakan suatu daerah yang paripurna,” papar Rohidin.[Hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates