.

Wisuda Ke-85 Dua Hari, UNIB Tambah 1.712 Lulusan

UNIVERSITAS Bengkulu kembali menggelar wisuda lulusan program pascasarjana, profesi, sarjana dan vokasi. Karena peserta cukup banyak, wisuda periode ke-85 tahun 2018 ini digelar dua hari, Selasa dan Rabu, 28 dan 29 Agustus 2018 di Gedung Serba Guna (GSG).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc dan dihadiri ketua dan anggota senat universitas, para guru besar, para dekan selingkung UNIB, para pimpinan bank mitra kerjasama UNIB, dan ribuan orang tua wisudawan berasal dari berbagai daerah di Bengkulu dan luar Bengkulu.

Wakil Rektor I UNIB Bidang Akademik, Prof. Lizar Alfansi dalam laporannya menjelaskan, berdasarkan Keputusan Rektor UNIB Nomor : 1859/UN30/HK/2018 tanggal 28 Agustus 2018, jumlah lulusan pada wisuda periode ke-85 tahun 2018 ini adalah sebanyak 1.712 orang.

Rincian jumlah wisudawan per jenjang pendidikan yaitu, lulusan Program Pascasarjana S3 (Doktor) sebanyak 4 orang, Pascasarjana S2 (Magister) sebanyak 229 orang, Profesi 16 orang, Program Sarjana (S1) Reguler 1.022 orang, Sarjana (S1) Non Regular 63 orang, dan Program Vokasi/Diploma 378 orang.

Dengan bertambahnya jumlah lulusan UNIB sebanyak 1.712 orang pada wisuda ini, maka total lulusan UNIB 52.627 orang yang terdiri dari dari Pascasarjana (S3) 15 orang, Pascasarjana (S2) 6.921 orang, Sarjana (S1) 35.650 orang, Program Profesi 81 orang dan Prgram Vokasi/Diploma 9.960 orang.

Dari 1.712 wisudawan itu, yang diwisuda pada hari Selasa tanggal 28 Agustus 2018 sebanyak 935 orang dari empat fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 524 wisudawan, Fakultas Hukum 99 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 264 wisudawan, dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) 48 wisudawan.

Sedangkan pada hari Rabu tanggal 29 Agustus 2018 jumlah wisudawan sebanyak 777 orang yang terdiri dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 216 wisudawan, Fakultas Pertanian (FP) sebanyak 224 wisudawan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 283 wisudawan, serta Fakultas Teknik (FT) sebanyak 54 wisudawan.

“Selamat berbahagia kepada seluruh wisudawan dan kami ucapakan terimakasih kepada masyarakat, para orang tua yang telah mempercayakan UNIB tempat menyekolahkan anaknya,” ujar Prof. Lizar Alfansi.

Pelantikan wisudawan dilakukan langsung oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc yang ditandai pemindahan kuncir toga dari kiri ke kanan terhadap perwakilan wisudawan yang diikuti serentak oleh seluruh wisudawan.

Berdasarkan data dihimpun Tim Humas UNIB dari panitia wisuda, jumlah wisudawan yang meraih predikat lulus “Dengan Pujian” pada wisuda periode ke-85 ini sebanyak 24 orang untuk Program Pascasarjana (S2), sebanyak 83 orang untuk Program Sarjana (S1) dan 49 orang Program Vokasi/Diploma.

Lulusan “Dengan Pujian” Terbaik untuk Program Pascasarjana (S2) diraih oleh Vera Octalia, Prodi Agribisnis, Konsentrasi Manajemen Agribisnis, Fakultas Pertanian dengan IPK 4,00. Untuk Program Sarjana (S1) Lulus “Dengan Pujian” Terbaik diraih oleh Khadijah Ayu Komala Devi, Prodi Administrasi Publik, FISIP, dengan IPK 3,96. Dan untuk Program Vokasi/Diploma, yang meraih Lulus “Dengan Pujian” Terbaik adalah Sundari Mayang Albarusyi Sihaloho, Prodi Bahasa Inggris, FKIP, dengan IPK 3,97.

Sedangkan Lulusan Termuda UNIB pada wisuda periode ini adalah Cici Minarti Sagala. Dia lahir di Jakarta, 20 Oktober 1998, saat ini berusia 19 tahun 10 bulan 9 hari, prodi Pendidikan Matematika, FKIP, dengan IPK 3,60. Cici Minarti merupakan putri pasangan suami istri Bontor Sagara dan Lenti Sitanggang.

Pada wisuda periode ini, UNIB juga menerima kembalinya staf pengajar (Dosen) yang telah menyelesaikan studi lanjut Program Pascasarjana S3 (Doktor). Mereka adalah Dr. Roosemarina Anggraini Rambe, SE., MM., Spesialisasi Ekonomi Publik dari Unpad, Bandung, Dr. Abdul Rahman, M.Si., Spesialisasi Genetics, Ecology and Evolution dari The University of Nottingham, UK.

Kemudian Dr. Iwan Setiawan, M.Sc, Spesialisasi Dinamika Kuantum dari ITB, Bandung, Dr. Bambang Parmadie, S.Pd., M.Sn., Spesialisasi Kajian Budaya (Musikologi) dari Udayana, Denpasar, Dr. Nurmeiliasari, S.Pt., M.Sc.Ag., Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan dari IPB, Bogor, Dr. Ir. Marlin, M.Sc. Bioteknologi Tanaman dari IPB, Bogor, Agustin Zarkani, SP., M.Si., Ph.D, Entomology/Serangga, dari EGE Turkiye, Turkey, Dr. Erniwati, S.Hut., M.Sc. Konservasi Biodiversitas Tropika (KVT) dari IPB, Bogor, Dr. Mimi Sutrawati, Fitopatologi dari IPB, Bogor, dan Dr. Hutapia, SE., ME., Perencanaan Pembangunan (Regional) dari Unpad, Bandung.[Hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates