.

As SDM Kapolri dan Rektor UNIB Tandatangan MoU

ASISTEN Sumber Daya Manusia (SDM) Kapolri, Irjen. Drs. Arief Sulistyanto, M.Si dan Rektor Universitas Bengkulu Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc menandatangani nota kesepahaman kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU), di ruang rapat tiga gedung rektorat UNIB, Rabu (15/8/2018).

Dengan MoU ini kedua institusi berkomitmen untuk bersinergi dan saling “tolong menolong” dalam membangun peradaban, meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) personil kepolisian dalam upaya memperkuat kapasitas lembaga.

“Kampus merupakan tempat atau wadah membangun peradaban sementara Polri menjaga peradaban tersebut. Bagaimana mau menjaga peradaban kalau tidak beradab. Oleh sebab itu, kita saling bersinergi dengan universitas-universitas di berbagai daerah se Indonesia untuk meningkatkan profesionalime personil,” ujar Irjen. Drs. Arief Sulistyanto.

Dijelaskannya, untuk meningkatkan profesionalitas personil Polri, setidaknya ada empat unsur yang harus dipenuhi yaitu skill, attitude, knowledge dan experiental. Pengetahuan yang dimiliki tidak cukup satu seperti ilmu penyelidikan, tapi harus memiliki banyak pengetahuan lainnya. Maka dari itu, bekerjasama dengan perguruan tinggi sangat penting karena di sinilah tempat tranformasi dan pengembangan ilmu pengetahuan dilakukan.

“Tidak hanya ilmu hukum, tapi berbagai cabang ilmu lainnya sangat penting untuk diketahui dan dimiliki oleh personil Polri seperti ilmu psikologi, ilmu teknik sipil, ekonomi dan lain sebagainya yang semua itu akan memudahkan tugas pokok dan fungsi Polri.”

“Terimakasih kepada rektor dan segenap sivitas akademika UNIB. Semoga kerjasama ini dapat berkelanjutan dan memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan SDM dan penguatan kapasitas lembaga Polri,” tukas Irjen. Drs. Arief.

Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi menyambut baik penandatanganan nota kesepahaman kerjasama ini. Apalagi selama ini antara UNIB dan institusi kepolisian yaitu Polda Bengkulu dan jajaran sudah sering melakukan kerjasama di bidang penegakan hukum seperti dipanggilnya para akademisi UNIB sebagai Tim Ahli dalam penyidikan kasus, kemudian melakukan penyuluhan hukum bersama, dan lain sebagainya.

“Dengan adanya penandatanganan kesepakatan kerjasama ini diharapkan menjadi payung hukum formal dalam melakukan kegiatan kerjasama, saling bersinergi dalam membangun peradaban serta meningkatkan SDM dan kapasitas lembaga. Dengan ketersediaan SDM dan fasilitas yang ada, kita siap bersinergi dengan Polri untuk meningkatkan SDM handal dan professional,” ujar rektor.

Pada acara ini Irjen. Drs. Arief Sulistyanto didampingi Brigjen. Drs. Beni Setiawan, Brigjen. Drs. Suroto, M.Si dari Mabes Polri, dan Kapolda Bengkulu Brigjen. Drs. Coki Manurung, SH, M.Hum beserta para pejabat utama Polda Bengkulu. Sementara Rektor UNIB didampingi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Lizar Alfansi, Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Dr. Sigit Sujatmiko, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Syahrial, dan Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Dr. Ardilafiza.

Juga hadir Dekan Fakultas Hukum Prof. Herawan Sauni, Dekan Fakultas Teknik Dr. Boko Susilo, Ketua UPT Kerjasama dan Layanan Internasional UNIB Yansen, Ph.D, Kepala Biro USD Ir. Akhmad Nezar, Kepala Biro PPK Dra. Proklampiati, serta disaksikan oleh puluhan mahasiswa dari berbagai fakultas selingkung UNIB.[Hms1/Foto:Ngamarudin]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates