.

Pimpinan UNIB Gelar Safari Ramadhan ke Fakultas

PADA bulan suci Ramadhan yang penuh berkah tahun ini, Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc, CA beserta para wakil rektor, para ketua lembaga dan ketua unit pelaksana teknis selingkung UNIB melakukan kunjungan safari ramadhan ke seluruh fakultas untuk bersilahturahmi dengan pimpinan fakultas, dosen, karyawan serta mahasiswa.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan setiap bulan suci ramadhan dan mendapat sambutan antusias oleh segenap civitas akademika fakultas, sebab melalui moment ini para dosen, karyawan dan mahasiswa bisa bertatap muka dan berdialog langsung dengan para pimpinan universitas yang pada hari-hari biasa kesempatan seperti ini sulit dilakukan karena banyaknya kesibukan masing-masing.

Safari ramadhan pimpinan UNIB kali ini dimulai hari Rabu tanggal 23 Mei 2018 dan diagendakan berlangsung setiap hari hingga Senin tanggal 4 Juni 2018. Kegiatan berlangsung di aula atau ruang rapat utama dekanat masing-masing fakultas mulai pukul 09.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB dan ada juga fakultas yang memilih waktu sore hari yaitu pukul 16.00 WIB hingga selesai. Untuk waktu sore hari, selain berdiskusi acara diakhiri dengan berbuka puasa bersama. Fakultas yang memilih waktu sore hari antara lain Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Dari delapan fakultas di UNIB, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) mendapat kesempatan pertama, disusul hari kedua yaitu Fakuktas Teknik (FT). Berikutnya, secara berurutan adalah Fakultas Hukum (FH), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), dan terakhir adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Namun jadwal ini bersifat tentative dan bisa berubah sesuai kesepakatan fakultas.

Dari dua kunjungan safari ramadhan yang sudah dilaksanakan, yaitu ke FISIP dan FT, Rektor beserta pimpinan UNIB disambutan hangat penuh kekeluargaan oleh segenap civitas akademika fakultas. Pada sesi diskusi dan tanya jawab, juga banyak mengemuka persoalan dan aspirasi yang disampaikan oleh dosen, karyawan serta mahasiswa.

Di FISIP misalnya, ada dosen mempertanyakan kebijakan terkait perjalanan dinas menghadiri seminar yang harus dibuktikan dengan membuat makalah, kemudian ada juga yang mempertanyakan soal mekanisme promosi penerimaan mahasiswa baru melalui iklan di Koran, lalu masalah penyelenggaraan KAS (kuliah antar semester) tidak boleh mata kuliah berpraktek, hingga masalah fasilitas gedung kuliah bersama dua (GB II) yang tidak nyaman karena kipas angin banyak yang tidak berfungsi dan WC yang tidak layak, dan lain sebagainya.

Begitupun di Fakultas Teknik, pada diskusi yang berdurasi kurang lebih tiga jam, cukup banyak pertanyaan dan aspirasi yang disampaikan para dosen, karyawan dan mahasiswa. Berbagai pertanyaan dan aspirasi itu terutama menyangkut pelayanan akademik seperti pembangunan laboratorium dan pembentukan jurusan, masalah perpustakaan on line untuk mendukung akreditasi program studi. Kemudian masalah sarana dan prasarana, seperti perlunya penambahan pendingin ruangan di laboratorum komputer, masalah daya listrik yang tidak stabil, masalah jaringan internet, masalah banyaknya kipas angin di ruang belajar GB V yang tidak berfungsi, juga termasuk keluhan organisasi mahasiswa yang sulit mendapat pinjaman gedung untuk melaksanakan kegiatan seminar, dan lain sebagainya.

Berbagai keluhan dan aspirasi yang mengemuka dalam diskusi disambut baik dan ditanggapi serius oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi. Kemudian menyangkut hal-hal teknis, Rektor meminta para wakil rektor, para ketua lembaga dan ketua UPT untuk menjelaskannya.

“Tentu, dari setiap persoalan yang ada ini kita akan carikan solusinya. Inilah tujuan dari kegiatan safari ramadhan ini, selain bersilahturahmi kita juga bisa berdiskusi untuk melihat persoalan yang ada di masing-masing fakultas sekaligus mencari solusi penyelesaiannya,” ujar Rektor. [Hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates