.

Peti Soal SBMPTN Panlok 25 Bengkulu Resmi Dibuka

REKTOR Universitas Bengkulu Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc, didampingi Wakil Rektor I UNIB Bidang Akademik Prof. Lizar Alfansi, SE, MBA, Ph.D yang sekaligus sebagai Ketua Panitia Lokal Bengkulu SBMPTN tahun 2018, meresmikan pembukaan peti soal dan pendistribusian soal SBMPTN ke panitia penanggung jawab lokasi, Senin (7/5/2018) pukul 20.00 WIB.

Acara peresmian pembukaan peti soal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di rektorat UNIB ini juga disaksikan para wakil rektor, para dekan, kepala biro, pimpinan lembaga dan unit kerja selingkung UNIB, serta sejumlah panitia SBMPTN 2018 Panlok Bengkulu. Juga dipantau langsung oleh aparat keamanan, dan Tim Monev SBMPTN Pusat yang ditugaskan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), Dr. Argantos, dari Universitas Negeri Padang (UNP).

“Malam ini juga soal akan didistribusikan ke panitia penanggungjawab lokasi sehingga tidak ada kendala sesuai jadwal besok pagi pukul 07.30 WIB peserta sudah menerima dan mengerjakan soal,” ujar Ketua Panlok 25 Bengkulu, Prof. Lizar Alfansi.

Sesuai Standar Operasional Pelaksanaan (SOP), seluruh peti soal SBMPTN di simpan di ruangan yang steril dengan pengamanan ketat, tepatnya di ruangan Dharma Wanita lantai dasar gedung rektorat UNIB. Setelah seluruh peti kayu penyimpanan dibuka, seluruh kardus yang berisi soal juga didata dan di cek satu per satu oleh petugas untuk memastikan bahwa seluruhnya masih dalam kondisi tersegel.

“Seluruh kardus berisi soal ini masih dalam kondisi tersegel. Seluruh segel soal ini akan dibuka besok pagi di hadapan peserta dan pengawas dilengkapi dengan berita acara. Sejauh ini rangkaian SBMPTN berjalan normal dan seluruh persiapan sudah rampung,” papar Prof. Lizar.

Dijelaskan Prof. Lizar, jumlah final peserta SBMPTN Panlok 25 Bengkulu adalah 8.221 orang, dengan rincian untuk peserta dengan Sistem Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) sebanyak 7861 orang yang terdiri dari bidang Saintek 2141 peserta, Soshum 3362 peserta, dan Campuran 2358 peserta. Kemudian Sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebanyak 360 orang yang terdiri dari bidang Santek 93 peserta, Soshum 154 peserta dan Campuran 113 peserta.

Untuk melaksanakan UTBC, panitia telah menyiapkan 284 ruangan di 24 gedung yang tersebar di tiga lokasi yaitu kampus utama UNIB di kawasan Kandang Limun, kampus PGSD di Kilometer 6,5, dan kampus Poltekkes di Padang Harapan Kota Bengkulu. Sedangkan untuk UTBK dilaksanakan di tiga gedung yaitu gedung LPTIK, Laboratorium Fakultas Teknik dan Laboratorium Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Sementara jumlah petugas dan pengawas untuk mensukseskan SBMPTN Panlok 25 Bengkulu adalah sebanyak 756 orang, mulai dari penanggungjawab sektor, penanggungjawab lokasi, penanggung jawab naskah, hingga pengawas ruangan. Para petugas merupakan dosen dan karyawan UNIB yang telah diberikan pembekalan sebelumnya. Kemudian untuk mengamankan lokasi juga melibatkan aparat keamanan dari Polsek setempat.[Purna Herawan/Ngamarudin]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates