.

UPT PKM Sosialisasi Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia

UNIT Pelaksana Teknis Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (UPT PKM) Universitas Bengkulu menggelar sosialisasi Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) tahun 2018 di ruang rapat utama rektorat UNIB, Selasa (10/4/2018). Kegiatan ini diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas dan dibuka oleh Wakil Rektor III UNIB Bidang Kemahasiswaan, Dr. Drs. Syahrial.

Ketua UPT PKM UNIB, Dr. Tamrin Bangsu, M.Km yang pada acara ini didampingi Kepala Bagian Kemahasiswaan UNIB Ir. Wuryanto, menjelaskan Program KBMI dilaksanakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk mendukung pencapaian indikator kerja kementerian dalam upaya meningkatkan jumlah mahasiswa berwirausaha. Program KBMI yang dimulai sejak tahun 2017 dinilai telah memberikan dampak positif untuk mendorong mahasiswa berwirausaha.

“Dengan acara sosialisasi ini diharapkan mahasiswa dapat memahami tujuan dan manfaat program KBMI serta memotivasi mahasiswa untuk berkompetisi membuat proposal wirausaha. Pada akhirnya, kita berharap banyak proposal yang diterima dan diberikan bantuan modal oleh Kementerian Ristekdikti, sehingga jumlah mahasiswa berwirausaha di UNIB semakin meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III UNIB Bidang Kemahasiswaan Dr. Syahrial menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara sosialisasi KBMI ini. Dia pun berharap agar para mahasiswa termotivasi dan benar-benar memahami prosedur dan mekanisme KBMI sehingga mampu meraih peluang berwirausaha dengan bantuan permodalan dari Kementerian Ristekdikti dan Pembinaan dari institusi perguruan tinggi.

“Ini peluang bagi adik-adik mahasiswa untuk berwirausaha, mengembangkan usaha yang ada dengan bantuan permodalan melalui program KBMI yang dikembangkan oleh Dirjen Belmawa Kemenristekdikti. Raihlah dan manfaatkan peluang ini dengan membuat proposal sebaik-baiknya. Program ini juga sekaligus ajang untuk melatih dan meningkatkan kemampuan berwirausaha mahasiswa sehingga ketika tamat kuliah bisa mandiri dan tidak kesulitan mencari pekerjaan dan penghasilan,” ujarnya.

Pantauan Tim Humas, pada acara sosialisasi ini panitia menjelaskan bahwa Program KBMI merupakan revitalisasi dari PMW (Program Mahasiswa Wirausaha). Program KBMI ini menitikberatkan pada orientasi proses usaha dan hasil usaha (profit). Kategori program KBMI yaitu pengembangan bisnis bagi mahasiswa yang sudah memiliki bisnis dan ingin mengembangkannya.  Komponen biaya yang diberikan pada peserta program KBMI adalah : Rp 10.000.000,00 hingga Rp 40.000.000,00.

Jadwal pelaksanaan program KBMI 2018 secara umum adalah sebagai berikut : Pengajuan proposal oleh perguruan tinggi yaitu tanggal 7 sampai 30 April. Pengumuman hasil seleksi tanggal 18 Mei, dan pelaksanaan kegiatan dimulai 4 Juni. Berikutnya, bagi mahasiswa atau kelompok mahasiswa yang disetujui melaksanakan program ini akan dilakukan monitoring dan evaluasi pada bulan Agustus dan menyiapkan laporan akhir tanggal 31 Oktober 2018.

Untuk memotivasi para mahasiswa agar mulai berwirausaha, pada acara ini UPT PKM UNIB menghadirkan motivator dan sejumlah narasumber, salah satunya Aditia Sepriansyah. Dia adalah seorang pengusaha Event Organizer (EO) dan pengurus teras Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Bengkulu. Selain pengurus HIMPI, pria berbadan tambun alumni FEB UNIB ini juga aktif di beberapa organisasi pengusaha dan menjadi pengurus partai politik. [Hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates