.

UNIB Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN

SAMA seperti perguruan tinggi negeri lainnya se Indonesia, tahun 2018 ini Universitas Bengkulu juga membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan jalur Seleksi Mandiri.

Saat ini, jalur SNMPTN sedang dalam proses dan menunggu pengumuman hasil yang akan dipublikasikan tanggal 17 April 2018. Sementara untuk jalur SBMPTN, baru dimulai dengan tahapan Pendaftaran Online UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak) dan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dengan jedah waktu tanggal 5 April – 27 April 2018.

“Tahapan penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN dimulai besok, yaitu diawali dengan Pendaftaran Online UTBC dan UTBK hingga 27 April 2018,” ujar Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UNIB, Alimansyah, sekaligus Humas Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UNIB tahun 2018.

Dijelaskan Alimansyah, SBMPTN merupakan seleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa, dilakukan secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat.

Berdasarkan Siaran Pers Ketua Panitia Pusat SNMPTN dan SBMPTN 2018, Ravik Karsidi, di Jakarta tanggal 12 Januari lalu, pelaksanaan UTBC dan UTBK akan dilaksanakan serentak tanggal 8 Mei 2018, Ujian Keterampilan tanggal 9 dan/atau 11 Mei 2018, dan Pengumuman Hasil Seleksi tanggal 3 Juli 2018.

Mengutif penjelasan yang dilansir pada http://www.sbmptn.ac.id, SBMPTN dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2016, 2017, dan 2018 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2016, 2017, dan 2018.

Ujian tulis yang terdiri atas UTBC dan UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik pengembangan tes. Ujian tulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek), serta bidang sosial dan humaniora (soshum).

Selain mengikuti UTBC atau UTBK, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan (UK).

Terkait dengan Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan kata Alimansyah, Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.

Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut : Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum. Dan  jika program studi yang dipilih terdiri atas kelompok Saintek dan Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.

Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN mana pun. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) atau 3 (tiga) program studi, salah satu program studi pilihannya harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan Program Studi yang lain dapat di PTN yang berada di luar wilayah pendaftaran tempat peserta mengikuti ujian.

Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per PTN tahun 2018, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2017 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Terkait biaya, untuk Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta adalah sebesar Rp.200.000,00 (dua ratus ribu rupiah). Biaya seleksi tersebut dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, BNI, atau BTN. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Kemudian untuk peserta pelamar Program Bidikmisi,  calon peserta  terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran dan mendaftar melalui laman  http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Calon peserta yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Indentification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN 2018 dan tidak harus membayar biaya seleksi.

Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui SNMPTN 2018, dapat menggunakan KAP dan PIN (yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti) untuk mendaftar SBMPTN 2018, tanpa harus membayar biaya seleksi.

“Kini sudah mulai tahapan SBMPTN. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Pendaftaran online UTBC dan UTBK mulai tanggal 5 April 2018 pukul 08.00 WIB dan berakhir tanggal 27 April 2018 pukul 22.00 WIB. Pendaftaran online UTBK akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi,” kata Alimansyah menegaskan.

Secara keseluruhan tambah Alimansyah, daya tampung mahasiswa baru UNIB tahun 2018 ini sebanyak 4195 orang. Sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan, untuk jalur SBMPTN, akan diterima paling sedikit 30 persen dari daya tampung UNIB tersebut, yaitu sekitar 1300 sampai dengan 1500 orang.[Hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates