.

TNI AL dan US Navy Gelar Seminar Penanggulangan Bencana dalam “Pacific Partnership”

UNIT Pelaksana Teknis Kerjasama dan Layanan Internasional (UPT KSLI) berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Bengkulu kembali menyelenggarakan seminar tentang penanggulangan bencana dan kesehatan masyarakat yang merupakan rangkaian program Pacific Partnership, Kerjasama TNI dengan Tentara Amerika, Rabu (4/4/2018) di ruang rapat utama rektorat UNIB.

Seminar yang dibuka oleh Wakil Rektor UNIB Bidang Sumber Daya, Dr. Ir. Sigit Sudjatmiko ini merupakan lanjutan kegiatan bernuansa akademik tentang Humanitarian Assistance (HA) – Disaster Relief (DR) SMEE yang diadakan di tempat yang sama minggu lalu.

Pada seminar minggu lalu, pemateri yang dihadirkan adalah tenaga ahli Perencanaan Kota dan Daerah sekaligus ahli bidang penanganan kebencanaan dari University Of Hawaii-Amerika Serikat, Prof. Karl Kim, Ph.D dan Dr. Oceana P. Francais.

Kali ini menghadirkan lima pemateri yang juga expert di bidangnya, yaitu  Janggam Adhityawarma dari AHA Center, dilanjutkan oleh Lucy S Maize dari USAID, Perwakilan dari IFRC, Ben Lark, lalu Warren Acunicus dari USAID; dan terakhir materi seminar dipaparkan oleh Vivian Deannuntis yang merupakan perwakilan dari UNOCHA. Dengan dipandu moderator dr. Icha Marisadonna yang merupakan akademisi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UNIB.

Selain dipadati ratusan mahasiswa dan dosen, kegiatan ini juga dihadiri Wakil Rektor UNIB Bidang Kemahasiswaan Dr. Syahrial, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Lizar Alfansi, Dekan FMIPA UNIB Dr. Zulbahrum Chaniago, para Wakil Dekan FKIK UNIB, serta sejumlah undangan dari unsur TNI, dinas dan instansi terkait di Provinsi Bengkulu, Basarnas, Tagana, PMI, Satpol PP, PDAM dan bahkan perwakilan dari Telkom.

Wakil Rektor UNIB Bidang Sumber Daya, Dr. Sigit Sudjatmiko menyambut baik kegiatan ini dan berterimakasih kepada semua pihak karena telah memberikan kepercayaan kepada UNIB untuk andil dalam mensukseskan Program Pacific Partnership, Kerjasama TNI dan Tentara Amerika, Tahun 2018 di Provinsi Bengkulu.

Wakil Rektor berharap, berbagai informasi dan pengetahuan tentang penanganan dan penanggulangan kebencanaan yang disampaikan para pemateri dapat menjadi bekal serta memberikan pengkayaan ilmu bagi mahasiswa khususnya dan masyarakat Bengkulu umumnya dalam menghadapi bencana. Sebab, Bengkulu merupakan salah satu daerah di Indonesia yang kategori rawan bencana.

Sementara itu, Perwakilan dari US Navy, Colonel Caston dan Captain David Bretz dari US Army mengatakan pihaknya sangat senang dan merasa terhormat bisa berbagi pengalaman, belajar dan berlatih bersama dengan para Tentara Indonesia, para mahasiswa dan masyarakat Provinsi Bengkulu khususnya tentang penanganan dan penanggulangan bencana.

“Kegiatan ini sangat penting dalam mempererat kerjasama antara TNI, Tentara AS dan Pemerintah Daerah. Kita di sini hadir dengan satu tujuan, bisa bersama-sama saling membantu untuk melindungi keluarga dan masyarakat dari bencana,” ujar Captain David Bretz yang menyapa peserta seminar dengan salam Hawaii style “Alohaa”.

Sebagai bentuk apresiasinya, sebelum mulai sesi seminar, Wakil Rektor UNIB Bidang Sumber Daya memberikan cideramata plakat UNIB kepada Colonel Caston dan Captain David Bretz sebagai kenang-kenangan. Kemudian melakukan sesi foto bersama yang diikuti seluruh narasumber dan penyelenggara seminar ini.

Sebelumnya, Ketua UPT Kerjasama dan Layanan Internasional UNIB, Yansen, Ph.D menjelaskan, Pasific Partnership merupakan ajang latihan bersama antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Angkatan Laut Amerika Serikat yang melibatkan pemerintah daerah dalam latihan bidang kesehatan dan penanggulangan bencana dengan tujuan utama untuk meningkatkan kerjasama dan persahabatan serta meningkatkan kemampuan negara-negara tuan rumah dalam menghadapi bencana.

Untuk mendukung kegiatan ini, Universitas Bengkulu terlibat dalam beberapa kegiatan akademik seperti seminar dan workshop engineering subject matter expert exchange (SMEE) : Disaster Resistant Structural Design Construction Practices, dan seminar Humanitarian assistance – Disaster Relief (DR) SMEE.

Selain kegiatan akademik, juga diselenggarakan kegiatan olah raga dan hiburan seperti pertandingan sepak bola persahabatan melibatkan TNI AL Republik Indonesia dan Tentara Amerika di stadion UNIB, dan acara hiburan dengan penampilan band dari US Navy di auditorium UNIB.[eve/Editor: Purna Herawan. Foto: Ngamarudin]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates