.

Fakultas Pertanian Gelar Kuliah Umum dan Lokakarya Pengelolaan Kelapa Sawit

JURUSAN Teknologi Pertanian dan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu sukses menggelar kegiatan akademik yaitu kuliah umum tentang Pengelolaan Kelapa Sawit baik hulu maupun hilirisasi produk kelapa sawit, Senin (2/4/2018) di ruang rapat utama rektorat UNIB.

Kemudian pada Selasa (3/4/2018) di Hotel Santika Kota Bengkulu, Fakultas Pertanian UNIB bekerjasama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan Gaubunga Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) juga sukses menyelenggarakan Lokakarya dengan tema Membangun Sinergi Replanting Sawit Rakyat di Provinsi Bengkulu Tahun 2018.

Dua kegiatan ini merupakan bentuk nyata kontribusi Fakultas Pertanian UNIB dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi, ikut serta mendukung program pemerintah dan memajukan pembangunan daerah khususnya sektor perkebunan kelapa sawit.

Dengan kegiatan ini diharapkan para mahasiswa dapat terpacu semangat untuk mengembangkan usaha sektor perkebunan kelapa sawit baik hulu maupun hilirisasi, melalui penelitian dan kajian akademis, serta ikut menyebarluaskan informasi tentang pengelolan kelapa sawit yang ramah lingkungan dan menjelaskan bahwa produk kelapa sawit merupakan salah satu sektor potensial mendorong kemajuan ekonomi masyarakat.

“Mahasiswa dan kita semua harus berkontribusi menjaga keberlanjutan sektor perkebunan kelapa sawit. Sisi kontribusinya dengan memberikan pandangan komprehensif kepada masyarakat, pengelola kelapa sawit baik dalam penerapan industri hulu maupun hilirisasinya. Kebijakan pemerintah seperti Replanting (peremajaan) Sawit Rakyat harus didukung penuh untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, daerah dan Negara,” ujar Dekan Fakultas Pertanian UNIB, Ir. Fahrurrozi, M.Sc, Ph.D ketika membuka kuiah umum.

Selain ratusan mahasiswa Fakultas Pertanian UNIB, peserta seminar juga berasal dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan mahasiswa universitas Doktor Hazairin (Dehasen). Tampak hadir juga para dosen, para pengusaha kelapa sawit dan perwakilan instansi terkait di Provinsi Bengkulu.

Kegiatan ini berlangsung meriah dan disambut antusias oleh para peserta karena pemateri yang dihadirkan panitia sangat kompeten di bidangnya, yaitu Kus Emy Puspita Dewi, SE, MM dari BPDPKS Kementerian Keuangan RI, dan Dr. Ir. Donald Siahaan, M.Sc dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit. Kemudian kegiatan Lokakarya dihadiri langsung oleh Direktur Perhimpunan Dana BPDPKS Kementerian Keuangan RI, Dr. Herdrajat Natawijaya, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu Ir. Ricky Gunarwan diwakili Kabid Perkebunan Ir. Rasmawan, dan dari GAPKI Ir. Nurzam, MM.

“Kita berharap dengan kegiatan ini para mahasiswa dan masyarakat Bengkulu umumnya semakin paham bahwa perkebunan kelapa sawit sangat menguntungkan baik melalui pengelolaan industri hulu maupun hilirisasinya. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara ini dan semoga memberikan pengkayaan ilmu bagi kita semua,” ujar Ir. Pandu Iman sebagai Ketua Panitia Penyelenggara sebagaimana dikutif Harian Bengkulu Ekspress.[Hms1. Foto : Ngamarudin]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates