.

Dies Natalis ke-36 UNIB : Aksi Bersih Pantai, Penghijauan dan Pelepasan Tukik

AGENDA kegiatan memeriahkan Dies Natalis ke-36 Tahun 2018 tidak hanya diwarnai perlombaan olah raga, kesenian dan kegiatan akademis berupa seminar dan workshop yang dipusatkan di kampus UNIB. Tapi juga kegiatan bersih pantai, penghijauan dan pelepasan Tukik (bibit penyu) di kawasan Pantai Kualo, Kota Bengkulu, Sabtu (21/4/2018).

Kegiatan ini selain dihadiri langsung oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc, para wakil rektor, para dekan dan ketua-ketua lembaga selingkung UNIB, juga dihadiri Plt. Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah beserta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu, pimpinan Bank Bengkulu, para mahasiswa, dan kelompok-kelompok peduli lingkungan lainnya.

Pada kegiatan ini, Gubernur dan Rektor ikut membaur bersama mahasiswa dan masyarakat memungut sampah di pinggir pantai, kemudian menanam pohon penghijauan dan sama-sama melepas bibit penyu ke bibir pantai.

Dalam sambutannya Rektor mengatakan, melalui momentum Dies Natalis ke-36 tahun 2018 ini, UNIB sebagai bagian integral dari masyarakat Provinsi Bengkulu ikut berkontribusi memelihara lingkungan khususnya pantai agar kondisi pantai yang menjadi salah satu ikon pariwisata Bengkulu tetap bersih dan asri.

“Ini merupakan aksi nyata sekaligus bentuk himbauan agar kita semua, masyarakat perguruan tinggi, para mahasiswa, pemuda aktivis peduli lingkungan, dan kelompok-kelompok masyarakat lainnya bersama-sama pemerintah daerah untuk senantiasa menjaga kelestarian lingkungan, menjaga kebersihan pantai dan habitat di sekitarnya,” ujarnya.

Sementara Plt. Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan sangat mengapresiasi kegiatan Dies Natalis ke-36 UNIB yang telah melaksanakan aksi nyata pembersihan pantai, penghijauan dan melakukan upaya-upaya melestarian habitat penyu di pantai Bengkulu.

“Kegiatan pemeliharaan alam dan lingkungan seperti ini sangat penting dan harus digalakkan terus-menerus. Sebab kita tahu, Bengkulu memiliki panjang pantai 500-an kilometer dari Mukomuko sampai Kabupaten Kaur. Potensi ekonominya sangat besar dan menjadi ikon pariwisata Bengkulu. Potensi ini harus kita berdayakan, sekaligus dipelihara agar bisa dinikmati generasi-generasi berikutnya,” ujar Rohidin Mersyah.[Hms/Foto: Ngamarudin]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates