.

36 Tahun UNIB, Total Lulusan 50.915 Orang

TANGGAL 24 April 2018 Universitas Bengkulu genap berusia 36 tahun (24 April 1982 – 24 April 2018). Acara puncak Dies Natalis ke-36 UNIB telah berlangsung sukses kemarin yang dihelat dalam Rapat Paripurna Terbuka Senat Universitas Bengkulu dengan agenda mendengarkan pidato rektor, Plt. Gubernur Bengkulu dan Orasi Ilmiah Rektor IPB. Hari ini, Rabu (25/4/2018), UNIB menggelar wisuda ke-84 dengan meluluskan 755 wisudawan Program Pascasarjana, Profesi, Sarjana dan Vokasi.

Berdasarkan Laporan Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Bengkulu, Prof. Dr. Lizar Alfansi, SE, MBA, hingga wisuda periode ke-84 bulan April 2018 ini, total lulusan UNIB yaitu 50.915 orang terdiri dari 11 orang Program Pascasarjana (S3), 6.692 orang Program Pascasarjana (S2), 34.565 orang Program Sarjana (S1), 65 orang Program Profesi, dan 9.582 Program Vokasi/Diploma.

Untuk wisudawan periode ke-84 ini, sesuai dengan Keputusan Rektor Nomor 1201/UN30/HK/2018 tanggal 25 April 2018, jumlah lulusan per fakultas, sebagai berikut : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 127 wisudawan, Fakultas Hukum 66 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 226 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 74 wisudawan, Fakultas Pertanian (FP) 174 wisudawan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 38 wisudawan, dan Fakultas Teknik (FT) 50 wisudawan.

Berdasarkan jenjang pendidikan, jumlah lulusan sebagai berikut : Program Pascasarjana (S3) sebanyak 2 wisudawan, Program Pascasarjana (S2) sebanyak 121 wisudawan, Program Sarjana (S1) Reguler 580 wisudawan, Sarjana Non Reguler 36 wisudawan, dan Program Vokasi/Diploma sebanyak 16 wisudawan.

Lulusan dengan Predikat Pujian atau Cumlaude pada wisuda periode ke-84 UNIB sebanyak 10 orang untuk Program Pascasarjana (S2) dan “Dengan Pujian” terbaik diraih oleh Yogi Irawan, Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Konsentrasi Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 3,86. Dia adalah putra Bapak Ka’in, S.Pd dan Ibu Rusiah.

Kemudian untuk Program Sarjana (S1), lulusan Cumlaude sebanyak 45 orang dan lulus “Dengan Pujian” terbaik diraih oleh Khalid Al Walid, Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum, dengan IPK 3,97. Dia adalah putra Bapak Adi Bastian, SH, MH dan Ibu Marina Andriani.

Sedangkan Lulusan termuda pada wisuda periode ini adalah Yeyen Sari (lahir di Muara Kelingi, 12 September 1997, saat ini berusia 20 tahun 7 bulan 12 hari), prodi Pendidikan Jasmani, FKIP, putra Bapak Nasir dan ibu Ratemawati, dengan IPK 3,67.

Selain meluluskan 755 wisudawan, pada acara ini Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc, CA juga menerima secara simbolis Staff Pengajar (Dosen) UNIB yang telah menyelesaikan studi lanjut Program Doktor (S3). Mereka adalah Dr. Mas Agus Firmansyah, S.Sos., M.Si., Spesialisasi Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran, Bandung. Kemudian, Dr. Yar Johan, S.Pi., M.Si, Spesialisasi Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Lautan, IPB, Bogor. Dr. M. Zulkarnain Yuliarso, SP., M.Si, Spesialisasi Penyuluhan Pembangunan, UGM, Yogyakarta. Dan Lindung Zalbuin Mase, ST., M.Eng., Ph.D, Spesialisasi Teknik Sipil (Geoteknik), Chulalongkorn dan Kyoto University, Thailand and Japan.

Acara wisuda ini berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) UNIB pada pukul 08.30 WIB hingga 12.00 WIB, dihadiri ketua dan para anggota senat universitas, para guru besar, para dekan, ketua dan anggota Dharma Wanitia UNIB dan ribuan undangan dari pihak orang tua dan kolega para wisudawan. Kemudian tampak hadir pula Kapolda Bengkulu, Brigjen. Pol. Drs. Coki Manurung, SH, M.Hum dan sejumlah perwakilan bank mitra kerjasama UNIB dan instansi pemerintah dan swasta se Provinsi Bengkulu.

Prosesi wisuda berlangsung tertib dan lancar tanpa kendala berarti. Pelantikan wisudawan yang ditandai pemindahan kuncir toga dilakukan langsung oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi terhadap perwakilan wisudawan dan diikuti serentak oleh seluruh wisudawan. Selanjutnya, satu per satu wisudawan dipanggil ke depan untuk bersalaman dan menerima ucapan selamat dari Rektor serta menerima ijazah dari dekan fakultas masing-masing.[Purna Herawan/Foto: Ngamarudin].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates