.

Pelindo II dan UNIB Tandatangan MoU untuk Pengembangan Pelabuhan Pulau Baii

GENERAL MANAGER (GM) PT. Pelindo II (Persero) Cabang Bengkulu, Drajat Sulistio bersama rombongan melakukan kunjungan ke UNIB dan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc, di ruang rapat tiga gedung rektorat, Rabu (14/2/2017).

Kerjasama yang akan dilaksanakan yaitu terkait penelitian dan penyusunan studi kelayakan, pendampingan dan pembinaan masyarakat, dalam rangka merealisasikan program pengembangan pelabuhan Pulau Baii dan sekitarnya yang akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus dan terminal dermaga hewan ternak Sapi terbesar se Indonesia.

“Jika tidak ada hambatan, bulan Maret nanti Pemerintah Pusat akan me-launching Kawasan Ekonomi Khusus di Pelabuhan Pulau Baii. Rencananya peresmian akan dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi. Kemudian karena memiliki lahan yang sangat luas, maka Pulau Baii juga akan dijadikan terminal dermaga Sapi terbesar di Indonesia,” ujar Drajat Sulistio.

Untuk mewujudkan pengembangan Pulau Baii sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, dibutuhkan kerjasama dan sinergisitas semua pihak terutama Pemerintah Daerah, Pelindo II, para Pengusaha, dan dibantu oleh akademisi.

“Oleh sebab itu MoU yang kita tandatangani ini bukan sekedar dokumen, tapi akan diimplementasikan dalam bentuk penelitian, kajian studi kelayakan, pendampingan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Pelindo II dalam rangka pengembangan dan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus,” papar Drajat Sulistio.

Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc menyambut baik penandatanganan MoU ini dan berterimakasih kepada PT. Pelindo II Bengkulu yang telah menggandeng UNIB dalam rangka pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus di kawasan Pulau Baii.

“Kita siap berpartisipasi untuk mewujudkan pengembangan Pelabuhan Pulau Baii dengan menghasilkan kajian-kajian ilmiah bersifat independen. Semoga MoU ini dapat segera ditindaklanjuti dengan melakukan aksi nyata yang berkesinambungan sehingga rencana program yang telah ditetapkan dapat berjalan baik,” ujar Rektor.

Kegiatan penandatanganan MoU yang berlangsung di ruang rapat tiga gedung Rektorat ini berlangsung tertib dan penuh keakraban. Tampak hadir Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya, Dr. Sigit Sujatmiko, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Drs. Syahrial, MA, M.Phil, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM UNIB) Dr. rer. nat. Totok Eka Suharto.

Kemudian tampak hadir pula Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Fahrurrozi, Dekan Fakultas Hukum Prof. Dr. Herawan S, SH, M.Hum, Ketua UPT Kerjasama dan Layanan Internasional (KLSI) Yansen, S.Hut, M.App. Sc, Ph.D, Kepala Biro USD Ir. Akhmad Nezar dan pimpinan unit kerja lainnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan cindera mata berupa plakat antara GM Pelindo II dan Rektor, serta berfoto bersama.[Hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates