.

Ratusan Dosen Penulis Terima Insentif

SEBANYAK 204 dosen penulis dari berbagai fakultas selingkung Unib, Kamis (28/11) di ruang rapat tiga gedung rektorat, menerima insentif dan piagam penghargaan dari institusi Unib yang diserahkan secara simbolis oleh Rektor Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc.

Ketua Tim Penilai Pemberian Insentif Dosen Penulis, Choirul Muslim, mengatakan, jumlah dosen penulis buku, penulis artikel dan karya ilmiah populer tahun 2013 ini mengalami peningkatan siginifikan dari tahun sebelumnya.

Pada tahun 2013 ini, jumlah karya tulis yang diusulkan untuk mendapat insentif sebanyak 236 yang terdiri dari 17 buah buku, 7 artikel populer dan 212 jurnal. Namun setelah dilakukan penilaian, hanya 204 yang dikabulkan untuk menerima insentif dan penghargaan. “Jumlah ini mengalami peningkatan sangat signifikan dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Dijelaskan Choriul Muslim, 204 karya tulis yang diberikan insentif tersebut terdiri dari 13 buku, 7 artikel populer dan 184 jurnal. Dari 184 artikel jurnal dibagi lima kategori yaitu Jurnal Nasional Terakreditasi, Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, Jurnal Internasional, Proceding Nasional, dan Proceding Internasional.

Masing-masing dosen penulis mendapatkan insentif dengan nominal bervariasi, berkisar Rp350 ribu hingga Rp1,5 juta untuk penulis buku, dan berkisar Rp210 ribu hingga Rp1 juta untuk artikel dan jurnal.

“Tahun ini sebenarnya alokasi anggaran keseluruhan untuk kegiatan ini telah mengalami peningkatan. Namun karena jumlah dosen penulis yang diberikan insentif juga mengalami peningkatan yang sangat signifikan, maka untuk pemerataan, nominal insentif yang diterima masing-masing dosen relatif belum meningkat,” paparnya.

Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc, menyambut baik dan bangga dengan diselenggarakannya pemberian reword, berupa insentif dan piagam penghargaan kepada para dosen penulis buku, artikel dan jurnal populer. Apalagi pada tahun ini, jumlah penulis dan karya tulis yang dihasilkan trendnya mengalami peningkatan signifikan.

“Pemberian insentif ini merupakan reword dan bentuk apresiasi dari institusi terhadap para dosen yang telah berkarya nyata menulis buku, artikel dan jurnal populer,” ujarnya.

Menurut Rektor, dengan meningkatnya jumlah dosen penulis buku, artikel dan jurnal populer, maka para dosen penulis itu juga telah berkontribusi dalam upaya pencapaian akreditasi jurusan dan progam studi. “Dan kegiatan ini juga ikut meningkatkan pamor dan brand Universitas Bengkulu di kancah nasional maupun internasional,” ujarnya.

Walaupun tahun ini jumlah dosen penulis sudah meningkat, namun Rektor terus mengimbau dosen-dosen lainnya untuk menghasilkan karya tulis sehingga ke depan buku, jurnal dan artikel yang dihasilkan Unib lebih banyak lagi.

“Ke depan alokasi anggaran akan ditingkatkan, upaya-upaya pelatihan dan memotivasi para dosen juga akan terus ditingkatkan baik segi penyelnggaraan maupun kapasitas pesertanya,” tukasnya.

Data dihimpun Tim Humas, buku karya dosen Unib yang mendapat insentif tahun 2013, yaitu berjudul "Pupuk Kompos dan Teknologi Pembuatannya" dikarang oleh Dr. Ir. Riwandi, MS (Dosen Fakultas Pertanian), buku "Penyakit Pascapanen : Fisiologi, Patologi, dan Pengenalian yang dikarang oleh Dr. Ir. Tunjung Pamungkas, M.Sc (Fak. Pertanian), buku "Decentralization and Public Officials in Indonesia" yang dikarang Aditya P. Ramadhan, M.Sc (Fisip).

Kemudian buku "Orang-orang Besar Bengkulu" dan buku "Sandiwara Bung Karno" karangan Drs. Agus Setiyanto, M.Hum (Fisip), buku "Pemasaran Jasa Finansial" karangan Prof. Dr. Lizar Alfansi, Ph.D (Fak. Ekonomi), buku "Strategi Bersaing Perguruan Tinggi Tantangan dan Peluang" karangan Dr. Syaiful Anwar, AB, SU (Fak. Ekonomi), buku "Orang Taba Penanjung Bengkulu Memerdekakan Indonesia" karangan V. Sozi Karnefi, S.Si (FMIPA).

Berikutnya buku "Perkembangan Perkalian Jari Magic" karangan Mudin Simanihuruk, Ph.D (FMIPA), buku "Budidaya Hermetia Illucens sebagai Sumber Protein Pakan Ikan dan Unggan Potensial" karangan Agustin Zarkasi, SP, M.Si (Fak. Pertanian), buku "Lebah Budidaya Berbasis Kawasan" karangan Dr. Ir. Rustam Saepudin, M.Sc (Fak. Pertanian), buku "Bekerja dengan Fungi Mikoriza Arbuskula" karangan Dr. Ir. Abimanyu Dipo Nusantara, MP (Fak. Pertanian), dan buku "Kimia Katalisis Heterogen" karangan Dr. rer.nat. Totok Eka Suharto (FMIPA).[hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates