.

Unib Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda

SEGENAP pimpinan, dosen, staf dan karyawan serta ratusan mahasiswa Universitas Bengkulu, Senin (28/10), mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih di halaman rektorat Unib. Upacara tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-85 tahun 2013.

Upacara tersebut dipimpinan langsung oleh Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc selaku Inspektur Upacara. Sedangkan para petugas termasuk pengibar bendera merah putih adalah para mahasiswa dari Fakultas Hukum. Tampak hadir juga para dekan dan pembantu dekan selingkung Unib.

Dalam amanatnya, Dr. Ridwan Nurazi membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, KRMT. Roy Suryo. Ia mengatakan, pada tahun 2015 kita memasuki era komunitas ASEAN, yang meliputi komunitas keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

Era komunitas ASEAN 2015 tersebut mau tidak mau meminta kesiapan kita untuk mampu bekerjasama secara terbuka dalam mengelola arus barang dan jasa, dan menuntut kesiapan kita untuk bekerjasama dengan berbagai komunitas dari berbagai Negara ASEAN.

Itulah sebabnya, tema Sumpa Pemuda kali ini “Dengan Sumpah Pemuda, Kita Wujudkan Pemuda yang Santun, Cerdas, Inspiratif, dan Berprestasi.” Tema itu dimaksudkan sebagai gerakan moral, sosial, politik, dan budaya agar pemuda memiliki kemampuan dan kinerja yang handal dalam bekerjasama dengan pemuda se-ASEAN, dan sekaligus mampu membawa nama baik Indonesia di hadapan masyarakat dunia.

“Kesantunan, kecerdasan, inspiratif dan berprestasi, tentu mau tidak mau harus didukung oleh ilmu pengetahuan yang memadai, berdisiplin tinggi, dan kerja keras yang tak mengenal lelah,” ujar Menteri dalam sambutannya.

Dalam peringatan Sumpah Pemuda tahun ini kata Menteri, hal penting lainnya adalah berkaitan dengan Organisasi Kepemudaan dimana bulan Oktober tahun ini berlaku secara penuh Undang-Undang Nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan. Pemerintah berharap semua Organisasi Kepemudaan dapat menyesuaikan diri dengan Undang-Undang Kepemudaan tersebut.

Kemudian hadiah yang luar biasa bersamaan dengan peringatan Sumpah Pemuda tahun ini adalah diterbitkannya Peraturan Pemerintah No. 60 tahun 2013 yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 12 September 2013 tentang Pembentukan Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda (LPKP). Peraturan Pemerintah ini diharapkan dapat memperkuat upaya-upaya pemerintah dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pemuda Indonesia.

“Selama memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-85. Jayalah Pemuda Indonesia,” ujar Menteri diucapkan kembali oleh Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi di hadapan peserta upacara. [hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates