.

PKK Mahasiswa Baru, Rektor: Mahasiswa Harus Mandiri

PEMBEKALAN bagi mahasiswa baru UNIB dimulai. Berbagai atraksi mewarnai acara pembukaan yang dihelat Sabtu (17/08) di Gedung Serba Guna UNIB.

Dalam laporannya, Ketua Panitia, Dr. Ir. Fahrurrozi, M.Sc, yang juga merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik, menyampaikan bahwa peserta mahasiswa ada sebanyak 3.315 dari 8 fakultas mulai program S0, S1 reguler dan non reguler.

Fahrurrozi menambahkan bahwa kegiatan pembekalan ini berlangsung selama 4 hari dimulai tanggal 17 Agustus.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UNIB, Prof. Ir. Zainal Muktamar, M.Sc., Ph.D, memberikan arahan bahwa mahasiswa harus mandiri, yaitu dengan kesadaran sendiri memanfaatkan segenap sarana dan prasarana untuk kegiatan belajar.

Menurut Rektor, dengan mampu memanfaatkan segenap potensi yang dimiliki UNIB maka paling tidak ada 3 hal yang akan dicapai. Pertama, mahasiswa meningkatkan intelektualnya. Kedua, meningkatkan kecerdasan emosi, dan ketiga memingkatkan kualitas spiritual. Jika ketiga ini tercapai maka mahasiswa dikatakan sukses.

Untuk itu, mahasiswa perlu kerja keras intuk mencapai hal di atas.

Rektor juga menjelaskan bahwa sebagai anak bangsa, mahasiswa juga wajib memahami 4 pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Rektor juga menegaskan bahwa pembekalan ini bukan ajang perploncoan, melainkan wahana bagi mahasiswa baru untuk mengenal pola kehidupan akademik di UNIB.

Kegiatan pembekalan yang dikenal sebagai Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) menampilkan atraksi tari pembukaan oleh mahasiswa UKM Tari UNIB, Pembacaan Tarhill Quran oleh mahasiswa UKM Kerohanian, pertunjukkan beladiri oleh mahasiswa UKM Olah Raga. Sebelumnya diawali dengan pertunjukan paduan suara mahasiswa UNIB menyanyikan Mars UNIB.

Pembukaan PKK dilakukan secara resmi oleh Rektor dan ditandai dengan pengenaan jas almamater secara simbolik kepada mahasiswa baru tiap-tiap fakultas.

Turut hadir pada acara pembukaan adalah para wakil rektor, kepala biro, dekan dan pembantu dekan serta sejumlah dosen dan mahasiswa senior.

Usai pembukaan mahasiswa mendapatkan materi kebangsaan, motivasi, sistem akademik, dan lain-lain selama 2 hari untuk tingkat universitas dan 2 hari berikutnya untuk tingkat fakultas.[hms]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates