.

Peserta KKN Membuat Program Unggulan

PELAKSANAAN KKN periode 70 UNIB ditinjau oleh Pimpinan UNIB. Tujuan monitoring ini adalah untuk memastikan bahwa kegiatan KKN berlangsung seperti yang diprogramkan dan untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan program yang dilakukan oleh peserta KKN.

Demikian disampaikan oleh Sekretaris P3KKN UNIB, Hardiansyah, S.T., M.T., saat pemberangkatan tim monitoring KKN Rabu (21/08) di Halaman Rektorat UNIB.

Monitoring KKN periode ini dipimpin langsung oleh Rektor, Prof. Ir. Zainal Muktamar, M.Sc., Ph.D., diikuti oleh para Wakil Rektor, Dekan, dan tim KKN UNIB.

Dalam kunjungannya ke beberapa lokasi KKN, Rektor  dan unsur pimpinan melakukan dialog dan peninjauan langsung program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Dari hasil peninjauan dan dialog terungkap bahwa pelaksanaan KKN secara umum berlangsung dengan baik, berbagai program unggulan berkaitan langsun dengan kebutuhan masyarakat lokasi KKN.

Beberapa program unggulan adalah terkait dengan pemberdayaan potensi yang ada di desa lokasi KKN.  Program unggulan tersebut diantaranya adalah produksi nugget udang, Keripik sukun, pemanfaatan limbah bungkus makanan ringan menjadi tas, keripik jamur sawit, pengolahan limbah sawit menjadi pupuk, keripik ubi, selai pisang, dan lain-lain. Selain program unggulan, terungkap juga program-program individu tiap-tiap peserta KKN berlangsung sesuai dengan bidang ilmunya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa KKN periode 70 diikuti oleh  1.987 mahasiswa Universitas Bengkulu mulai 1 Juli hingga 31 Agustus 2013di seluruh kecamatan tersebar di Kabupaten Bengkulu Tengah dan dua kecamatan di Kota Bengkulu.

Jumlah mahasiswa yang terdaftar sebanyak 1.987 orang, baik dari program reguler maupun ekstensi, dengan rincian sebagai berikut; Fakultas Pertanian 309 orang, Fisip 318 orang (289 reguler dan 29 orang ekstensi), Fakultas Ekonomi 231 orang (189 reguler dan 121 orang ekstensi), Fakultas Hukum 139 orang (97 reguler dan 42 ekstensi), Fakultas KIP 537 orang, Fakultas MIPA 165 orang, Fakultas Teknik 166 orang, serta Program Studi Kedokteran 43 orang.

Pada KKN kali ini, Universitas Bengkulu juga melaksanakan program KKN Bersama BKS PTN Barat dengan menerima 14 mahasiswa dari Universitas Riau yang akan bergabung dengan para mahasiswa Unib. Di sisi lain, Unib mengirim 7 orang mahasiswa untuk mengikuti KKN Bersama di Universitas Sriwijaya, Palembang Sumatera Selatan.

Monitoring KKN kali ini dipusatkan di wilayah kabupaten Bengkulu tengah, mulai Kecamatan Pondok Kelapa, Bang Haji, Pagar Jati, Taba Penanjung, dan sekitarnya yang dilakukan selama dua hari, 21-22 Agustus 2013.[hms]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates