.

Balon Rektor UNIB Adu Gagasan dan Program Kerja

SESUAI dengan jadwal tahapan pemilihan rektor, Kamis (27/06) melalui Rapat Paripurna Terbuka Senat Universitas Bengkulu di ruang rapat utama gedung rektorat, para bakal calon rektor UNIB memaparkan visi, misi, dan program kerja di hadapan anggota senat dan sivitas akademika UNIB. Selain itu, juga dilakukan pengundian dan penetapan nomor urut Balon.

Pemaparan dihadiri oleh semua bakal calon, yaitu Prof. Ir. Sigit Nugroho, M.Sc., Ph.D., Prof. Dr. Ir. Yuwana, M.Sc., Prof. Dr. Sudarwan Danim, M.Pd., Dr. Ridwan Nurazi, S.E., M.Sc. Akt., dan Dr. Herlambang, S.H., M.H. Tiap-tiap bakal calon menyampaikan pemaparan selama maksimal 20 menit dan diberi waktu selama 30 menit untuk diskusi.

Pemaparan pertama disampaikan oleh Prof. Ir. Sigit Nugroho, M.Sc., Ph.D. Prof. Sigit menawarkan program kerja untuk periode 2013-2017 adalah komunikasi yang efektif, penataan data dan informasi, perbaikan kualitas sarana dan prasarana pembelajaran yang berkesinambungan, peningkatan kualitas sumberdaya manusia, peningkatan kualitas atmosfer akademik, peningkatan kualitas layanan, peningkatan kualitas pengelolaan unit produktif, peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat, peningkatan relevansi, dan peningkatan kesejahteraan. Pemaparan ini dipandu oleh moderator Drs. Jarto tarigan, M.S.

Kedua, disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Yuwana, M.Sc. Melalui judul “Peningkatan Layanan dan Daya Saing dengan Penyelenggaraan Manajemen yang Amanah Menyongsong Universitas Bengkulu sebagai Universitas Kelas Dunia Tahun 2015”, Prof. Yuwana menyampaikan dasar pemikiran bahwa perguruan tinggi merupakan pemikul amanah penyelenggaraan pendidikan formal tingkat akhir. Dengan menitiberatkan kepada visi UNIB untuk menjadi perguruan tinggi kelas dunia tahun 2015.

Mantan dekan Fakultas Pertanian ini mengusung isu penguatan layanan (2010-2014), penguatan daya saing regional (2015-2019) dan daya saing internasional (2020-2024). Untuk dapat mencapai daya saing tersebut maka perlu adanya standardisasi sarana prasarana, proses, dan lain-lain. Dengan demikian maka akan tercapailah UNIB menjadi perguruan tinggi kelas dunia 2025. Selaku moderator pemaparan ini adalah Dr. Alexon, M.Pd.

Ketiga, pemaparan disampaikan oleh Prof. Dr. Sudarwan Danim, M.Pd. Melalui makalah dengan judul “Membangun Universitas Bengkulu Berbasis Keunggulan Era Global”, Prof. Sudarwan Danim menjanjikan bahwa UNIB nantinya universitas berkelas dunia tahun 2025 yang unggul di bidang tridharma perguruan berbasis IPTEK dan kebutuhan masyarakat global. Untuk itu, Prof. Sudarwan menawarkan misi akademik berupa peningkatan layanan pendidikan, memperluas keterjangkauan layanan pendidikan, meningkatkan mutu dan relevansi payanan pendidikan, mewujudkan kesetaraan dalam memperoleh layanan.

Sedangkan pada aspek kelembagaan dan SDM, Prof. Sudarwan menjanjikan perlunya optimasi dan transformasi kelembagaan, ketenagaan dan fasilitas UNIB. Untuk itu, misi yang diemban adalah mengembangkan otonomi kelembagaan secara progresif dan unggul, meningkatkan pemberdayaan unit-unit kerja pendukung; meningkatkan kompetensi dan kualifikasi tenaga akademik dan staf;  mengembangkan kolaborasi kelembagaan dan sinergi antar organisasi, meningkatkan ilklim kerja yang sehat, aman, nyaman, sejahtera, dan produktif; dan menjamin objektivitas, akuntabilitas, dan transferabilitas manajemen kelembagaan.Pemaparan ketiga ini dimoderatori oleh Dr. Syaiful Anwar AB, S.E., S.U.

Pemaparan keempat disampaikan oleh Dr. Ridwan Nurazi, S.E., M.Sc.Akt. Dr. Ridwan memberi judul pemaparannya “Continous Improvement Makes Changes”. Berdasarkan judul Bakal calon yang saat ini masih sebagai dekan Fakultas Ekonomi menawarkan kepemimpinan UNIB 2013-2017 dalam memperkokoh karakter insan akademis dalam mewujudkan keunggulan UNIB sebagai Universitas kelas Dunia. Untuk itu, pencapaian akan dilakukan 2011-2015 sebagai upaya penguatan pelayanan, 2016-2020 untuk pencapaian daya saing nasional, dan 2021-2025 adalah pencapaian daya saing ASEAN dan Internasional.

Program kerja strategis yang ditawarkan adalah Relevance; Academic Atmosphere, Internal Management, Sustainability, Eficiency and Productivity, Leadership, Quality Assurance, dan Globalized Education. Pemaparan ini dimoderatori oleh Drs. Welly Darwis, M.Si.

Terakhir, pemaparan disampaikan oleh Dr. Herlambang, S.H. M.H. Judul materi yang disampaikan adalah “Good University Governance” di Universitas Bengkulu Sebagai Model Perguruan Tinggi Bebas KKN”. Dr. Herlambang menawarkan lima pilar untuk menjadikan Universitas Bengkulu sebagai Universitas Kelas Dunia pada tahun 2025, yaitu Pusat Pengembangan keberagaman, Unit Penjaminan Mutu, Pusat Pelayanan Bisnis, Satuan Pengawasan Internal, dan Pusat Layanan Bisnis. Program Strategis yang ditawarkan adalah peningkatan kompetensi akademik dan karakter individual lulusan; peningkatan kompetensi dan karakter pengurus organisasi kemahasiswaan; peningkatan efektifitas dan efisiensi layanan; peningkatan pemanfaatan sarana, prasarana, dan fasilitas; pengorganisasian kegiatan tanggung jawab sosial; dan pengeorganisasian pusat bisnis. Selaku moderator pemaparan ini adalah Dr. Fachruzzaman, S.E., M.Si.

Pemaparan visi, misi, dan program kerja dilakukan di Ruang Rapat Utama rektorat dan dibuka oleh ketua Senat UNIB, Prof. Dr. Ir. Widodo, M.Sc didampingi Sekretaris Senat Prof. Dr. Herawan Sauni, M.Hum.

Selanjutnya, usai pemaparan, ke lima Balon mencabut undian nomor urut. Nomor urut itu ditetapkan oleh Ketua Senat sebagai nomor urut resmi bakal calon pada sesi penyaringan tanggal 1 Juli 2013. Adapun nomor urut bakal calon adalah sebagai berikut:

  1.  Prof. Dr. Ir. Yuwana, M.Sc.
  2. Dr. Ridwan Nuurazi, SE., M.Sc.Akt.
  3. Prof. Dr. Sudarwan Danim, M.Pd.
  4. Dr. Herlambang, SH, MH.
  5. Prof. Ir. Sigit Nugroho, M.Sc., Ph.D.

[hms/hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates