.

Dosen Penulis Dapat Insentif dan Penghargaan

UNTUK memotivasi para dosen dalam menulis buku, artikel, jurnal dan karya ilmiah populer, setiap tahun institusi Universitas Bengkulu menyediakan insentif dan memberikan penghargaan kepada para dosen yang berhasil. Tahun 2012 ini, jumlah dosen yang mendapat penghargaan sebanyak 9 orang penulis buku, 13 penulis artikel dan 94 penulis jurnal dan karangan ilmiah populer.

Jumlah insentif yang diberikan kepada masing-masing penulis berpariasi, namun total dana insentif yang disediakan universitas untuk dosen penulis buku Rp.14,5 juta, untuk penulisan artikel Rp.2,3 juta, dan untuk penulis jurnal Rp.34,2 juta. Selain insentif, kepada masing-masing dosen penulis juga diberikan piagam penghargaan.

Pemberian insentif dan penghargaan kepada para dosen penulis itu tertuang dalam Keputusan Rektor Universitas Bengkulu No. 7603/UN30/HK/2012 tanggal 01 Nopember 2012, dan uang insentif dan piagam diserahkan langsung oleh Rektor Unib Prof. Ir. H. Zainal Muktamar, M.Sc, Ph.D kepada para perwakilan dosen penulis, di ruang rapat 3 rektorat Unib, Jumat (7/12).

Dalam acara penyerahan instentif dan penghargaan dosen penulis itu, Rektor mengucapkan terimakasih kepada para dosen yang telah berpartisipasi dan berkontribusi memajukan Unib dalam bidang penulisan karya ilmiah.

Kata Rektor, dari tahun ke tahun penulisan karya ilmiah di Unib terus mengalami peningkatkan. Namun kita tidak boleh berpuas diri sebab bila dibanding universitas-universitas lain yang lebih maju, Unib masih jauh ketinggalan. Oleh sebab itu, diimbau kepada para dosen Unib untuk dapat meningkatkan partisipasi dan kontribusinya sehingga ke depan Unib mampu meraih prestasi gemilang dalam bidang penulisan karya ilmiah.

“Dilihat dari potensi yang kita miliki, maka ke depan Unib bisa menghasilkan karya ilmiah (buku, artikel, jurnal dan karangan ilmiah populer) lebih banyak lagi. Pihak universitas secara institusi sudah melakukan berbagai upaya dan akan terus berupaya agar secara kuantitas maupun kwalitas karya-karya ilmiah Unib semakin meningkat,” tukas Prof. Zainal.

Data dihimpun Tim Humas Unib, untuk penulisan buku, dosen yang mendapat penghargaan tahun 2012 yaitu Dr. Ir. Bambang Sulistyo, Dipl.GIS, M.Si dari Fakultas Pertanian dengan judul buku Pengindraan Jauh DIGITAL : Terapannya dalam Pemodelan Erosis Berbasis. Kemudian Agus Sustya, Ph.D dari Fakultas Pertanian dengan judul buku Rafflesia : Pesona Bunga Terbesar di Dunia (2011), Dr. Wiryono dari Fakultas MIPA dengan judul buku Pengantar Ilmu Lingkungan, Zozi Karnefi dari Fakultas MIPA dengan judul buku Achmad Taba Penanjung Daerah Perjuangan Seorang Tokoh Nasional.

Berikutnya Drs. M. Lufti Firdaus dari FKIP dengan judul buku Teknik Publikasi Karya Ilmiah di Jurnal Nasional dan Internasional, Dr. Drs. Syaiful Anwar AB, SU dari Fakultas Ekonomi dengan judul buku Bunga Rampai Penyerahan Organisasi Perguruan Tinggi, I Nyoman Candra, S.Si, M.Si dari FKIP dengan judul buku Kimia Dasar, Dr. Putri Suci Asri, SP, MP dari Fakultas Pertanian dengan judul Dasar-dasar Manajemen, dan Dr. Husaini, SE, M.Si dari Fakultas Ekonomi dengan judul Komite Audit dan Audit Internal Integritas Pengawasan Korporasi.

Kemudian dosen penulis artikel yaitu Dr. Ir. Wiryono, M.Sc dari Fakultas Pertanian dengan enam buah artikelnya yang dimuat di koran the Jakarta Post, dan Dr. Drs. Syaiful Anwar AB, SU dengan tujuh buah artikel yang dimuat pada majalah dan koran baik lokal maupun nasional.

Dan 94 orang dosen penulis jurnal antara lain, Dr. Ir. Bambang Sulistyo, Dipl, GIS, M.Si, Dr. Gunggung Senoaji, S.Hut, MP (Fakultas Pertanian), Dr. Drs. Darmansyah, MM (Fakultas Ekonomi), Andry Harijanto, SH, M.Si (Fakultas Hukum), Heri Dwi Putranto, S.Pt, M.Sc, Ph.D (Fakultas Pertanian), Arif Ismul, S.Si, M.Si (Fakultas MIPA), Refrizon, S.Si, M.Si (Fakultas MIPA), Supiyati, S.Si, M.Si (Fakultas MIPA), Drs. Suwarno, MS (Fakultas MIPA), Sura Menda Ginti, M.Sc (FKIP), Dedi Hamdani, M.Si (FKIP), dan lain-lain.[hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates