.

Pelatihan Memasuki Dunia Kerja

PARA mahasiswa Unib yang akan tamat dan diwisuda, Kamis (22/11) dilatih bagaimana kiat sukses memasuki dunia kerja dan sukses meniti karir. Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan Bagian Kemahasiswaan Universitas Bengkulu itu dimaksudkan agar para alumni Unib bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kompetensinya.

Pada kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Pembantu Rektor II Bidang Keuangan dan Administrasi Umum Unib, Prof. Dr. H. Wachidi, M.Pd itu, para mahasiswa mendapatkan sejumlah paparan tentang kiat memasuki dunia kerja dari tiga pembiacara. Para pembicara yaitu Dosen Fakultas Ekonomi Unib Dr. Effed Darta, SE, MBA dan Dosen FKIP Unib Dra. Anni Suprapti, M.P.Si dan Dr. Puspa Djuwita, M.Pd.

Selain para mahasiswa Unib, pada kegiatan itu panitia juga mengundang mahasiswa perwakilan dari perguruan tinggi lain se Provinsi Bengkulu. Jumlah peserta kurang lebih 150 orang dan mereka sangat antusias mengikuti pelatihan.

Melalui kegiatan ini para mahasiswa dibekali berbagai pengetahuan tentang bagaimana mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Bahkan salah seorang pembicara Dr. Effed Darta, juga mengurai tentang etos kerja profesional abad 21 sebagaimana yang dikembangkan pakar Jansen H. Sinamo.

Etos kerja profesional abad 21 kata Dr. Effed, antara lain cinta dan bangga pada profesi/tugasnya. Kemudian, memiliki kompetensi tinggi serta berorientasi pada kesempurnaan, semangat mengembangkan diri (pembelajaran sepanjang masa) untuk menjadi yang terbaik, motivasi tinggi, memiliki semangat kerja altursistik (total) yaitu rela berkorban dengan tugas, serta bijaksana/mampu mempertanggungjawabkan tindakannya.

“Dan perlu diingat bahwa kesuksesan tidak diraih dengan instant, butuh proses. Untuk meraih sukses, kita harus kerja keras, tidak cepat puas diri, selalu mau belajar, siap menghadapi situasi apapun, memiliki mental tangguh dan selalu bersyukur,” papar Dr. Effed.[hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates