.

Sosialiasi Beasiswa dan Kegiatan Kemahasiswaan

UNTUK mengembangkan minat dan bakat serta menciptakan prestasi, dunia kampus Unib dilengkapi sejumlah kegiatan kemahasiswaan. Unib juga menyediakan dan menyalurkan sejumlah beasiswa bagi mahasiswa berprestasi secara akademik maupun melalui kegiatan kemahasiswaan. Dan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu, tidak usah khawatir karena Unib juga menyediakan beasiswa Bidik Misi untuk membantu biaya kuliahnya.

Demikian diungkapkan Kepala Biro AAKPSI Unib, Dra. Proklampiati, ketika menyampaikan sambutan dan mewakili Rektor Unib membuka acara Sosialisasi Beasiswa dan Kegiatan Kemahasiswaan, yang dilaksanakan Bagian Kemahasiswaan Unib di Gedung Serba Guna (GSG), Kamis (27/9).

Kegiatan sosialisasi itu diikuti ratusan mahasiswa baru Unib dari seluruh fakultas tahun akademik 2012/2013, dengan tujuan agar mahasiswa memahami apa dan bagaimana kegiatan kemahasiswaan di Unib, maupun jenis-jenis beasiswa dan cara untuk mendapatkannya.

Dijelaskan Dra. Proklampiati, untuk mengkoordinir semua kegiatan terkait beasiswa dan kegiatan kemahasiswaan, Unib memiliki bagian khusus yang disebut Bagian Kemahasiswaan yang terdiri dari dua Sub Bagian yaitu Sub Bagian Kesejahteraan Kemahasiswaan dan Sub Bagian MPI.

“Bagi adik-adik mahasiswa yang ingin tahun detil tentang bagaimana bisa terlibat pada kegiatan kemahasiswaan atau bagaimana cara mendapatkan beasiswa, silahkan menghubungi Bagian Kemahasiswaan di tingkat universitas maupun di fakultas masing-masing yang dalam hal ini melalui Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan,” paparnya.

Selain Dra. Proklampiati, paparan tentang kegiatan kemahasiswaan dan beasiswa juga disampaikan Kabag Kemahasiswaan Unib Dra. Umda Tussabat dan Kasubbag Kesejahteraan Mahasiswa Wuryanto, S.Pt.

Dra. Umda Tussabat menjelaskan, kegiatan kemahasiswaan di Unib meliputi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) universitas dan fakultas, Himpunan Mahasiswa Jurusan/Program Studi, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencinta Alam, UKM Seni, UKM Olah Raga dan Beladiri, dan UKM Kerohanian. “Ini adalah wadah pengembangan aktivitas dan kreativitas mahasiswa dalam rangka menyalurkan minat dan bakat,” ujarnya.

Kemudian jenis beasiswa yang disediakan dan disalurkan Bagian Kemahasiswaan Unib, yaitu Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Beasiswa Supersemar, Beasiswa Toyota dan Astra, Beasiswa Bank Bengkulu, Bank Indonesia, Bank Tabungan Negara, Bank Rakyat Indonesia, Bank Nasional Indonesia (BNI-46), Beasiswa Djarum, Beasiswa Kosgoro, dan beasiswa unggulan Dikti yaitu Bidik Misi untuk membantu biaya kuliah mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu, demikian Umda Tussabat.

Sementara Ka Subbag Kesejahteraan Kemahasiswaam Wuryanto menjelaskan, selain melayani beasiswa, pihaknya juga melayani asuransi mahasiswa dan kesehatan mahasiswa. “Untuk asuransi, seluruh mahasiswa reguler maupun non reguler secara otomatis sudah masuk dalam anggota asuransi kecelakaan diri. Jaminan perlindungan asuransi itu meliputi santunan meninggal dunia akibat kecelakaan, cacat tetap, biaya berobat, rawat inap dan santunan biaya pemakaman akibat kecelakaan. Besar santunan mulai dari Rp.30 ribu hingga Rp.3 juta. Santunan akan diterima 100% bila mahasiswa bersangkutan memiliki SIM,” papar Wuryanto.

Sedangkan untuk pelayanan kesehatan mahasiswa, setiap mahasiswa yang sakit bisa mendapatkan pengobatan di Poliklinik Mahasiswa di gedung PKM. Pengobatan sifatnya preventif sesuai jadwal yaitu setiap hari Senin, Rabu dan Jumat. Kemudian mahasiswa juga dapat layanan dalam memperoleh surat keterangan sehat, bagi mahasiswa baru dan mahasiswa yang akan mengikuti KKN.[hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates