.

Pelatihan Manajemen Keuangan BLU Universitas

PARA Pembantu Dekan II (Bidang Administrasi Umum dan Keuangan), Kepala Biro, Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian Rektorat, Kasubbag Keuangan dan PUMK Fakultas, serta para Bendahara dan Staf Keuangan Rektorat Universitas Bengkulu, Senin (6/3), ikut pelatihan “Manajemen Keuangan BLU Universitas” yang disampaikan para penyaji dari BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu.

Acara yang berlangsung di ruang rapat 3 Rektorat itu dibuka oleh Rektor Unib Prof. Ir. H. Zainal Muktamar, M.Sc dan dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Mulyana.

Dalam sambutannya Rektor Prof. Zainal mengatakan, pelatihan semacam ini sangat penting dalam rangka meningkatkan kinerja staf dan karyawan khususnya yang menangani masalah keuangan. “Bila kinerja keuangan kita bagus, visi dan misi Unib ke depan akan mudah terealisasi dengan baik,” ujarnya.

Usai dibuka oleh Rektor, para peserta langsung mendapat paparan tentang sejumlah aspek terkait manajemen keuangan BLU universitas, antara lain Penyusunan Laporan Keuangan BLU Universitas Berdasar SAK ; Kebijakan Akuntansi dan Bagan Akun Standar; Neraca; Laporan Aktivitas; Laporan Arus Kas; dan Catatan atas Laporan Keuangan yang disampaikan BPKP Pusat Heru Mutiyono dan Hermansyah Usman.

Kemudian materi tentang Penyusunan Laporan Keuangan BLU Universitas Berdasar SAP; Basis Akrual (Perdirjen 62/2009; Penyusunan Laporan Keuangan (Perdirjen 65/2010); dan Sistem Akuntansi Hibah yang disampaikan narasumber BPKP Bengkulu, Agus Hardja Santana dan Amat.

Secara umum, acara pelatihan yang bertujuan membekali dan memperluas pengalaman para staf dan karyawan Unib dalam bidang manajemen keuangan BLU tersebut berlangsung tertib dan lancar serta disambut antusias oleh para peserta. [hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates