.
Home » Pusat Informasi » Lakip Universitas Bengkulu

Lakip Universitas Bengkulu

Pelaksanaan kegiatan-kegiatan Universitas Bengkulu tahun anggaran 2016 diarahkan pada peningkatan kualitas pelayanan secara menyeluruh dalam kerangka otonomi perguruan tinggi. Salah satu alasan perlunya otonomi adalah adanya perkembangan teknologi dan informasi yang pesat, perubahan sosial politik di Indonesia yang besar, dan globalisasi ekonomi dunia yang membutuhkan postur perguruan tinggi yang bisa merespon keadaan dengan cepat dan program kinerja yang akurat. Dengan wewenang kondisi dan keadaan sekarang ini sukar bagi perguruan tinggi untuk merespon keadaan dengan cepat dan akurat. Namun melakukan otonomi tidak semudah membalikkan telapak tangan karena banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Untuk merealisasikan Visi dan Misinya, beberapa kebijakan internal telah diambil Universitas Bengkulu pada tahun 2016, salah satu di antaranya adalah persiapan UNIB memasuki fase transisi menuju otonomi. Berdasarkan dengan analisis internal, telah ditetapkan kebijakan dasar yang merupakan pergeseran-pergeseran skala prioritas dari program yang sudah ada dan tercantum dalam Rencana Strategik Bisnis Universitas Bengkulu 2014-2018 dan rencana kinerja tahunan Rektor UNIB tahun 2016.

Dalam konteks Isu Stratejik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui Dokumen Higher Education Long Term Strategy (HELTS) yang berintikan The nation’s competitiveness, Autonomy, Organizational Health, maka masing-masing program dengan kegiatan-kegiatan penyelenggaraannya sudah seharusnya merupakan upaya konkrit untuk menjabarkan isu Stratejik ini dengan memberikan prioritas tinggi pada program-program transisional Universitas menuju Perguruan Ttingggi Badan Layanan Umum (PT-BLU).

Sementara itu situasi eksternal yang terus berkembang dan berubah secara dinamis berupa perubahan sosial-ekonomi, politik dan sain teknologi di masyarakat yang sangat cepat, merupakan tantangan sekaligus peluang agar organisasi penyelenggaraan pendidikan tinggi mampu bereaksi cepat dalam merespon perubahan-perubahan tuntutan masyarakat. Sejalan dengan tuntutan masyarakat akan perannya, maka Universitas Bengkulu akan terus mengembangkan diri di dalam memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara berupa hasil temuan di berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan mutu lulusan untuk menempatkan diri pada berbagai sektor strategis di negeri ini, melalui pengelolaan lembaga yang efektif dan efisien.

Secara lengkap Laporan Kinerja Lembaga Pemerintahan Univeritas Bengkulu dapat dilihat disini

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates