Total Pengunjung
    12918041

    Pengunjung hari ini : 1
    Hits hari ini : 75
    Total hits : 649132
    Pengunjung online : 1
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Dibuka
Posted by : Humas Unib Rabu, 03 Juli 2013 - 20:51:52 WIB

UNIB telah membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Pendaftaran sudah dapat dilakukan mulai tanggal 3 sampai 19 Juli 2013 secara online melalui alamat http://spmu.unib.ac.id.

Jalur mandiri UNIB dikenal sebagai Seleksi Penerimaan Mahasiswa UNIB (SPMU). SPMU dibuka dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, memberikan peluang yang lebih besar bagi lulusan SLTA dan yang sederajat untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Bengkulu, terutama mereka yang memiliki kemampuan akademik, dan mempercepat program penguatan program studi.

SPMU diperuntukkan bagi lulusan SMA sederajat tahun 2013, 2012, dan 2011 untuk mendaftar di program studi S1 reguler di UNIB. Secara umum, persyaratan untuk dapat mengikuti SPMU adalah lulus dari satuan pendidikan SMA atau sederajat tahun 2013, 2012, dan 2011 dan memiliki ijasah. Bagi yang lulus tahun 2013 dan belum memiliki ijasah dapat menggunakan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN).

Biaya ujian SPMU adalah sesuai dengan kelompok ujian yang dipilih. Kelompok ujian saintek atau soshum dikenakan biaya ujian sebesar Rp. 150.000 dan kelompok ujian campuran atau kedokteran sebesar Rp. 175.000,-. Khusus yang memilih program studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, maka dikenakan biaya tambahan untuk ujian keterampilan sebesar Rp. 150.000,-. Pembayaran biaya pendafataran dilakukan di Bank BTN Cabang Bengkulu.

Program studi yang ditawarkan ada sebanyak 19 program studi kelompok saintek dan 15 program studi kelompok soshum. Tiap-tiap calon peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 program studi.

Proses pendaftaran adalah sebagai berikut.

1.      Calon peserta melakukan pembayaran biaya ujian di Bank BTN Cabang Bengkulu.

2.      Calon peserta memperoleh Kode Akses Pendaftaran yang tertera di formulir pembayaran Bank BTN.

3.      Calon peserta melakukan pendaftaran online di alamat http://spmu.unib.ac.id dengan cara memasukkan nama calon peserta pada NAMA MAHASISWA dan kode akses pendaftaran pada KODE AKSES.

4.      Calon peserta memasukkan data pribadi, pilihan program studi, mengunggah pasfoto, dan nomor ijasah dan lain-lain di alamat http://spmu.unib.ac.id.

5.      Calon peserta mencetak kartu tanda peserta. Kartu tanda peserta dibawa ketika mengikuti ujian SPMU.

Informasi tentang SPMU berupa panduan dan alur pendaftaran dapat diunduh di http://spmu.unib.ac.id dan di http://www.unib.ac.id pada panel “pengumuman”.[hms]




PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIB 2014

Pola penerimaan mahasiswa baru Universitas Bengkulu melalui SNMPTN, SBMPTN dan SPMU tahun 2014 mengalami perubahan yang cukup mendasar. Silahkan Buka Situs SNMPTN,SBMPTN dan SPMU di SNMPTN 2014, SBMPTN 2014, SPMU 2014