.
Breaking News
Home » Akademik » Fakultas Pertanian
Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian

Website http://faperta.unib.ac.id
E-Mail faperta@unib.ac.id
No. Telp/ Hp

Fakultas Pertanian berdiri pada 24 April 1982. Fakultas Pertanian beroperasi berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendikbud No. 0218/0/82 tertanggal 22 Juni 1982. Pada awal berdirinya sampai tahun 1992, Fakultas Pertanian hanya memiliki satu jurusan yaitu Jurusan Budidaya Pertanian dengan satu Program Studi (PS) yaitu PS Agronomi dengan jenjang pendidikan S-1.

Dalam perjalanannya seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, pada tahun 1993 Fakultas Pertanian dikembangkan menjadi satu Jurusan dengan 4 PS. Keempat PS ini adalah Agronomi, Produksi Peternakan dan Sosial Ekonomi Pertanian. Legalitas program studi ini disempurnakan oleh Dirjen DIKTI melalui SK Nomor 214/DIKTI/Kep/1996, tanggal 11 Juli 1996.

Mulai tahun 1998, Dirjen DIKTI melalui SK nomor 50/DIKTI/Kep/1998 tanggal 23 Februari 1998, menyetujui pembukaan Program Studi baru di bawah Jurusan Budidaya Pertanian, yaitu PS Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan, PS Ilmu Tanah, dan PS Teknologi Industri Pertanian. Selanjutnya, melalui SK Dirjen DIKTI No. 63/DIKTI/Kep/1998 tanggal 26 Februari 1998, disetujui juga pembukaan tiga jurusan baru yaitu Jurusan Kehutanan dengan Program Studi Budidaya Hutan, Jurusan Peternakan dengan Program Studi Produksi Ternak dan Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian dengan Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis.

Mulai tahun akademik 2004/2005, Fakultas Pertanian menawarkan program profesional D-3 Agribisnis dan D-3 Manajemen Perkebunan. Program D-3 Agribisnis yang menerima mahasiswa di kampus UNIB dan satu kelas yang merupakan program kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu dengan lokasi Kampus di Kabupaten Kepahyang. Selanjutnya, dua jurusan baru dibuka pada tahun 2006, yakni Jurusan Teknologi Pertanian dan Jurusan Perlindungan Tanaman.

Revitalisasi program studi selingkung Fakultas Pertanian dilakukan seiring dengan keluarnya SK DIKTI no 163/DIKTI/KEP/2007. SK ini berisi tentang Penataan dan Kodefikasi Program Studi pada Perguruan Tinggi dimana mengharuskan Fakultas Pertanian menata program studi yang ada. Hasil penataan ini adalah terbentuknya 4 pogram studi baru. Pertama, Progam Studi Agroekoteknologi yang merupakan penggabungan tiga program studi, yakni PS Agronomi, PS IHPT dan PS Ilmu Tanah. Program studi ini menawarkan 3 minat ilmu, yakni minat ilmu agronomi, minat ilmu HPT dan minat ilmu tanah. Izin penyelenggaraannya program studi ini telah disetujui oleh Dirjen DIKTI No. 294/D/T/2010 tertanggal 18 Maret 2010. Program Studi kedua dari hasil penataan adalah Program Studi Kehutanan. Program studi ini merupakan penataan dari PS Budidaya Hutan yang telah ada. Izin penyelenggaraan program studi ini adalah SK Dirjen DIKTI No. 293/D/T/2010 tertanggal 18 Maret 2010. Program ketiga adalah Program Studi Peternakan yang awalnya merupakan Program Sudi Produksi Ternak. Program studi Peternakan diselenggarakan dengan dasar SK dirjen DIKTI No. 292/D/T/2010 tertanggal 18 Maret 2010. Hasil revitalisasi program studi keempat adalah PS Agribisnis yang merupakan revitalisasi dari PS Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis. Program studi, yang diselenggarakan atas SK Dirjen DIKTI No. 294/D/T/2010 tertanggal 18 Maret 2010, ini mempunyai minat ilmu Agribisnis dan minat ilmu Sosial Ekonomi Pertanian.

 Pada tahun 2007, Program Pascasarjana Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL) dibuka berdasarkan SK Dirjen DIKTI No. 3541/D/T/2007 tertanggal 5 November 2008. Program Pascasarjana ini memiliki empat konsentrasi ilmu, yakni Kebijakan dan Manajemen Lingkungan, Keanekaragaman Hayati dan Ekowisata, Ekonomi Sumberdaya Alam, dan Konservasi Sumberdaya Hayati. Pada tahun 2011 telah dibuka Program Studi Magister Agribisnis.

Sejalan dengan perjalannya, Fakultas Pertanian Unib terus tumbuh dan berkembang yang didukung dengan Visi, Misi, Tujuan dan Rencana strategis yang kuat dan jelas. Adapun Visi dan Misi, serta Tujuan Fakultas Pertanian adalah sebagai berikut.

Visi Fakultas Pertanian:

Fakultas Pertanian akan menjadi suatu institusi pendidikan tingi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang mampu memberikan pelayanan terbaik dalam pengelolaan sumberdaya manusia, alam, dan lingkungan tropis untuk mewujudkan harapan dan keinginan mahasiswa, masyarakat, pemerintah, dan pengusaha secara memuaskan.

 Misi Fakultas Pertanian:

  1. Melaksanakan tridharma perguruan tinggi untuk menncapai kemaslahatan dan keselamatan manusia
  2. Meningkatkan & mengembangkan program akademik unggulan di lingkungan tropis dalam bidang ilmu-ilmu pertanian yang bermitra dengan masyarakat, pemerintah, dan pengusaha,
  3. Membangun dan memperbaiki suasana dan sistem akademik untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul dalam bidang pertanian menghadapi era kesejagadan, serta
  4. Menjalin kerjasama dengan masyarakat, pemerintah dan pengusaha.
  5. Perluasan dan peningkatan akses masyarakat
  6. Peningkatan mutu, relevansi dan daya saing
  7. Penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik

Tujuan Fakultas Pertanian:

  1. Perluasan dan peningkatan akses masyarakat
  2. Peningkatan mutu, relevansi dan daya saing
  3. Penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates