.
Home » Akademik » Fakultas MIPA
Fakultas MIPA

Fakultas MIPA

Website : http://fmipa.unib.ac.id
E-Mail fmipa@unib.ac.id
No. Telp/ Hp

Sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan (RIP), Universitas Bengkulu, sejak awal berdirinya, telah merencanakan pendirian Fakultas MIPA (FMIPA). Namun demikian, kebijakan yang diambil untuk mewujudkan hal itu adalah secara bertahap sesuai dengan kondisi yang ada.

Tahapan yang telah ditempuh adalah :

  • Tahap Persiapan, dilaksanakan dengan cara rekrutmen dosen MIPA. Mereka dititipkan pada fakultas yang ada, yaitu di Fakultas Pertanian dan FKIP. Pada tahap ini para Dosen didorong untuk melakukan pengembangan pribadi dengan studi lanjut S2 dan S3, sehingga menghasilkan kualifikasi dan kinerja dosen MIPA yang baik di dalam pelaksanaan Tri Dharma bidang MIPA. Selain itu, tahap ini ditandai pula dengan pem-bangunan sarana belajar mengajar MIPA terutama pembangunan gedung T (yang kemudian diperuntukkan untuk dekanat FMIPA), Gedung V (Laboratorium) dan Gedung Basic Science seluas 4500 m2 untuk Laboratorium Fisika, Kimia dan Biologi.
  • Tahap Pembinaan Institusi, dilaksanakan dengan pembentukan UPT MIPA berdasarkan SK Rektor UNIB nomor: 1152/PT43.H/Q/1993 tanggal 13 Mei 1993. UPT MIPA merupakan unsur penunjang akademik bidang MIPA dan meliputi bidang Ilmu Biologi, Fisika, Kimia dan Matematika. Unit ini bertugas melayani pelaksanaan Tri Dharma, terutama proses belajar mengajar MIPA yang mahasiswanya berasal dari FKIP dan Fakultas Pertanian
  • Tahap Pendirian FMIPA dan diikuti dengan pembukaan Program Studi Biologi, Fisika, Kimia dan Matematika. Pembukaan FMIPA yang lebih sistematis telah menjadi bagian integral dari Rencana Strategis 1996 – 2005. Di dalam naskah RENSTRA tersebut dinyatakan bahwa pembukaan FMIPA akan dilaksanakan sebelum tahun 2000. Alhamdulillah rencana itu telah terwujud sejak 12 Agustus 1999 dengan turunnya Keputusan Mendikbud nomor: 195/O/1999 tentang Pendirian FMIPA pada Universitas Bengkulu.

Visi

Fakultas MIPA Universitas Bengkulu menjadikan fakultas yang menyelanggarakan pendidikan, penelitian, dan penerapan MIPA yang bermutu ditingkat Asia Tenggara pada tahun 2025, khususnya dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan tropik untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan.

Misi

Fakultas MIPA Universitas Bengkulu yaitu melaksanakan tugas pendidikan, penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam bidang MIPA.

  • Misi Pendidikan Membentuk lulusan yang cakap menguasai ilmu pengetahuan bidang MIPA, memiliki sikap ilmiah, terampil menggunakan metode ilmiah, memiliki akhlak dan kepemimpinan yang baik, dan cepat bekerjasama dalam tim kerja, sehingga mampu menghadapi tantangan dan perubahan di era globalisasi.
  • Misi Penelitian; 1. Menempatkan FMIPA Unib berada digaris depan dalam pengembangan MIPA, khususnya di dalam pengkajian pengelolaan, dan pemodelan lingkungan tropik. 2. Mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal nasional maupun internasional.
  • Misi Pengabdian kepada Masyarakat ;1. Mampu menerapkan hasil-hasil penelitian bidang MIPA agar dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat luas. ; 2. Bertindak proaktif memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat.
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates