.
Home » Berita Umum » Pelantikan Rektor UNIB Periode 2017-2021
Pelantikan Rektor UNIB Periode 2017-2021

Pelantikan Rektor UNIB Periode 2017-2021

SELANG dua hari pasca pemilihan, Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc langsung dilantik untuk melanjutkan kepemimpinannya sebagai Rektor UNIB periode 2017-2021. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan dilakukan langsung oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) Republik Indonesia, Mohamad Nasir, di Auditorium Kemenristekdikti, Gedung D Lantai 2, Senayan – Jakarta, Rabu (4/10/2017).

Pelantikan Rektor UNIB ini bersamaan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pemimpin perguruan tinggi dan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Kemenristekdikti lainnya, yaitu Dr. Drs. Guntur, M.Hum, Prof. Dr. Sri Rochana Widyastutie Ningrum, S.Kar, M.Hum (ISI Surakarta), Ir. Supriyadi, MT (Politeknik Negeri Semarang), Nonce Farida Tuati, SE, M.Si (Politeknik Negeri Kupang).

Kemudian dilantik juga oleh Menteri yaitu Jusron Ali Rahajaan, S.Pi, M.Si dan Dr. rer. nat. Ir. Eugenius Alfred Renjaan, M.Sc (Pimpinan Politeknik Perikanan Negeri Tual), Drs. Awan Setiawan, M.MT, MM dan Ir. Tundung Subali Patma, MT (Politeknik Negeri Malang), Dr. Ir. Sarono, M.Si dan Ir. Joko S.S. Hartono, MTA (Politeknik Negeri Lampung), Mahyus, S.Pd, SE, MM dan Tedi Heryanto, S.Pd, MM (Politeknik Negeri Sambas), Dr. Jantje Eduard Lekatompessy, SE, M.Si dan Drs. Tapilatu Matheis Wiliam, M.Si (Kopertis Wilayah XII).

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan para pimpinan perguruan tinggi dan pimpinan tinggi pratama ini berlangsung mulai pukul 13.00 WIB dan dihadiri para pejabat di lingkungan Kemenristekdikti, tamu undangan dari institusi lain, undangan dari perguruan tinggi masing-masing sekitar 10-15 orang, serta istri dan keluarga pejabat yang dilantik.

Dari UNIB sendiri, turut hadir antara lain Ketua Senat UNIB Ir. Nusril, MM, Istri Rektor Dr. Dra. Purmini, M.Sc, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dwinardi Apriyanto, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Dr. rer. nat. Totok Eka Suharto, MS, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Mochamad Ridwan, dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Widodo, M.Sc, Ph.D.

Kemudian tampak hadir pula Sekretaris Senat UNIB Sularsih Anggarawati, SE, MBA, Sekretaris Panitia Pemilihan Rektor Prof. Drs. Mudin Simanihuruk, Ph.D, Dekan FISIP Dr. Drs. Achmad Aminudin, M.Si, Dekan Fakultas Teknik Drs. Boko Susilo, M.Kom, Dekan FMIPA Dr. Zulbahrum Chaniago, serta Kepala Biro USD Ir. Akhmad Nezar, Kepala Biro PPK Drs. Proklampiati, MM, dan Kabag UHM Trisnawati, SE, M.Pd.

Sebagaimana diketahui, pada Senin (2/10/2017), Senat Universitas Bengkulu telah melaksanakan Pemilihan Rektor UNIB Periode 2017-2021, berlangsung demokratis dan sukses. Hasilnya, dari 58 suara senat dan suara Kemenristekdikti, Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc memperoleh 34 suara. Sedangkan calon lainnya yaitu Prof. Juanda memperoleh 17 suara dan Prof. Sudarwan Danim hanya 7 suara.

Prosesi Pemilihan Rektor UNIB telah berlangsung dengan sukses dan damai sejak akhir Mei 2017 lalu mulai dari Pembentukan Panitia Pilrek, Pengumuman, Penjaringan Aspirasi, Penyaringan, Pemaparan Visi Misi dan Program Kerja Calon, hingga Pemilihan oleh Senat dan Kemenristekdikti. Prosesi Pilrek ini dilaksanakan dalam rangka suksesi kepemimpinan UNIB, mengingat berakhirnya masa bakti rektor periode sebelumnya (2013-2017) tanggal 4 Oktober 2017.

Dalam sambutannya Menteri Ristekdikti, Mohamad Nasir, mengucapkan selamat kepada para Rektor, Pimpinan Perguruan Tinggi dan Pimpinan Tinggi Pratama yang baru dilantik. Dan berharap agar para pejabat yang baru dilantik mampu mengemban amanah dan menjalankan tugas sebaik-baiknya dalam rangka memajukan dunia pendidikan tinggi di Indonesia.

“Saya mengapresiasi para pimpinan perguruan tinggi dan pimpinan tinggi di lingkungan Kemenristekdikti yang baru dilantik. Selamat dan semoga mampu mengemban amanah,” ujarnya.

“Saya pun mengapresiasi kinerja kita semua, seluruh institusi perguruan tinggi di Indonesia, karena banyak capaian yang telah diraih dalam rangka meningkatkan persaingan global. Namun tugas ke depan masih sangat berat, yaitu bagaimana meningkatkan mutu dan kualitas atmosfir akademik, serta meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian sehingga bisa sejajar dan mampu bersaing pada taraf regional dan internasional,” tukasnya.

Pantauan Tim Humas UNIB, acara pelantikan Rektor UNIB dan para Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kemenristekdikti berlangsung tertib dan khidmad. Acara ini diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh menteri dan para pejabat tinggi dilingkungan Kemenristekdikti kepada Rektor UNIB dan para pejabat yang baru dilantik, dilanjutkan dengan ramah tama dan makan siang bersama.[Hms1].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates