.
Home » Berita Umum » UNIB Raih Best Speaker di Ajang NUDC 2017
UNIB Raih Best Speaker di Ajang NUDC 2017

UNIB Raih Best Speaker di Ajang NUDC 2017

DUA mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIB, Putri Agustinos dan Khamidah Sulistiya Nurman, sukses meraih prestasi pada ajang National Debating University Championship (NUDC) tingkat nasional yang diadakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di UPGRIS Semarang, baru-baru ini.

NUDC adalah acara perlombaan debat Bahasa Inggris yang sudah menjadi agenda rutin tiap tahun dilaksanakan Kemenristekdikti. Peserta lomba berasal dari seluruh provinsi di Indonesia yang terbagi dalam 14 wilayah Kopertis. Peserta yang lolos ke tingkat nasional merupakan para juara NUDC di tingkat fakultas dan universitas asalnya.

Tahun 2017 ini UPGRIS Semarang menjadi tuan rumah perhelatan NUDC yang diikuti 112 tim peserta dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta se Indonesia. Perlombaan dibagi dua kategori yaitu kategori utama (main draw) dan pemula (novice). Dari 112 tim tersebut dikerucutkan menjadi 48 tim dengan pembagian 32 teratas masuk kategori utama dan 16 masuk kategori novice melalui akumulasi Victory Point (VP) yang harus mengikuti tujuh ronde debat di babak penyisihan.

Delegasi UNIB yang berhasil memperoleh 14 Victory Point (VP) melaju ke babak selanjutnya bersama 31 tim dari kategori utama setelah menjadi First Rank pada akumulasi VP di kelas pemula.

Pada akhirnya, delegasi UNIB memperoleh posisi 21 sebagai ranking akhir di kategori utama. Namun yang membanggakan, Putri Agustinos dinobatkan sebagai Terbaik Kedua dan Khamidah Sulistiya Rini Nurman menjadi Terbaik Kedelapan sebagai Best Speaker kategori Novice Category.

“Alhamdulillah kita bisa meraih 2nd Best Speaker of Novice Categori dan 8th Best Speaker of Novice Category. Terimakasih atas dukungan semua pihak, terutama pihak universitas terhadap upaya raihan prestasi ini,” ujar Putri dan Khamidah ketika diterima Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNIB, Dr. Mochamad Ridwan, di ruang kerjanya, Rabu (13/9/2017).

Selain Putri dan Khamidah, mahasiswa UNIB juga turut andil sebagai Panelis pada babak penyisihan di ajang NUDC 2017 ini. Dia adalah Sella Ramadhani, mahasiswa yang cukup pandai berbahasa Inggris dari Fakultas Hukum UNIB.

“Secara pribadi maupun sebagai pimpinan UNIB Saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada adik-adik mahasiswa yang telah menorehkan prestasi pada ajang NUDC ini, baik dia sebagai pemenang lomba maupun sebagai panelis.

Semoga prestasi ini dapat ditingkatkan dan menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya,” ujar Dr. M. Ridwan yang didampingi Kepala Biro PPK UNIB Dra. Proklampiati serta pejabat di Bagian Kemahasiswaan, Wuryanto, Andres dan Suwarso.[Denis/Hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates