.
Home » Berita Umum » Senat Tetapkan Tiga Calon Rektor UNIB
Senat Tetapkan Tiga Calon Rektor UNIB

Senat Tetapkan Tiga Calon Rektor UNIB

SETELAH mendengarkan paparan visi misi dan program kerja dari lima orang bakal calon rektor yang dihelat di ruang rapat utama gedung rektorat, Selasa pagi (15/8/2017), siang harinya Senat Universitas Bengkulu melaksanakan penyaringan tiga orang Calon Rektor UNIB periode 2017-2021. Rapat pemilihan rektor dilaksanakan di ruang rapat tiga gedung rektorat, berlangsung tertib dan lancar tanpa kendala berarti.

Mekanisme penyaringan dilakukan dengan pemungutan suara (voting) dimana setiap anggota senat memilih satu nama dari lima orang bakal calon. Pemilihan dilakukan dengan cara mencoblos gambar bakal calon kemudian hasilnya dihitung seketika setelah pencoblosan dilakukan.

Kelima Bakal Calon Rektor UNIB yang disaring adalah Prof. Dr. Ir. Alnopri, MS, Prof. Dr. Herlambang, SH, MH, Prof. Dr. Juanda, SH, MH, Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc dan Prof. Dr. Drs. Sudarwan Danim, M.Pd. Kelima bakal calon ini merupakan hasil penjaringan aspirasi yang dilakukan Panitia Pemilihan Rektor beberapa waktu lalu.

Jumlah suara anggota senat yang diperebutkan kelima bakal calon rektor sebanyak 36 suara dari 38 anggota senat. Sebab, dua anggota senat tidak hadir pada rapat pemilihan rektor ini yaitu Dr.dr. Andrew Johan (FKIK) dan Dr. Drs. Thamrin Bangsu (FISIP).

Setelah dilakukan penghitungan, 36 surat suara dinyatakan sah, tidak ada yang tidak dicoblos atau mengalami absten atau kerusakan. Masing-masing bakal calon mendapatkan suara sebagai berikut; Prof. Dr. Ir. Alnopri, MS mendapat nol suara, Prof. Dr. Herlambang mendapat 4 suara, Prof. Dr. Juanda mendapat 8 suara, Dr. Ridwan Nurazi mendapat 20 suara, dan Prof. Dr. Sudarwan Danim mendapat 4 suara.

Melihat hasil perolehan suara seperti itu, Prof. Dr. Herlambang yang mendapatkan jumlah suara sama dengan Prof. Sudarwan Danim mengajukan rapat diskors dan dikabulkan oleh Ketua Senat Ir. Nusril sekaligus pimpinan sidang. Di masa skors ini kedua bakal calon melakukan pembicaraan di luar ruang rapat pemilihan.

Tak lama berselang skors dicabut dan rapat dilanjutkan. Namun sebelum melanjutkan tahap berikutnya, Prof. Herlambang mengumumkan kepada rapat senat bahwa dirinya tidak ikut lagi untuk tahap selanjutnya dan menyerahkan kepada Prof. Sudarwan Danim untuk masuk sebagai tiga calon rektor bersama Dr. Ridwan Nurazi dan Prof. Dr. Juanda sebagai peraih suara terbanyak pertama dan kedua.

Keputusan Prof. Herlambang tidak melanjutkan sebagai calon rektor mendapat apresiasi dari para anggota senat lainnya dan akhirnya pimpinan rapat mengumumkan keputusan hasil penyaringan calon rektor. “Dari hasil rapat ini kita memutuskan bahwa tiga Calon Rektor UNIB 2017-2021 adalah Dr. Ridwan Nurazi, Prof. Juanda, dan Prof. Sudarwan Danim,” ujar Ir. Nusril seraya mengetuk palu dan menutup rapat dengan penuh suka cita.

Paparan Visi Misi dan Program Kerja

Rapat Terbuka Senat Universitas Bengkulu dengan agenda pemaparan visi misi dan program kerja Bakal Calon Rektor UNIB periode 2017-2021 yang dihelat di ruang rapat utama gedung rektorat UNIB, Selasa pagi, dihadiri oleh Sekretaris Ditjen Sumber Daya Iptek Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Prof. Drs. Toha Hendri, M.Si, Ph.D.

Pada rapat ini, masing-masing Bakal Calon Rektor UNIB yaitu Prof. Dr. Ir. Alnopri, MS, Prof. Dr.  Herlambang, SH, MH, Prof. Dr. Juanda, SH, MH, Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc, dan Prof. Dr. Sudarwan, M.Pd memaparkan visi misi dan program kerja di hadapan ratusan dosen, karyawan dan mahasiswa, dengan dipandu moderator Dr. Candra Irawan, M.Hum.

Setelah memaparkan visi misi dan program kerja selama kurang lebih 15 menit, untuk pendalaman terhadap visi misi Bakal Calon Rektor, moderator memberikan kesempatan kepada para panelis, kepada perwakilan dosen, serta perwakilan karyawan dan mahasiswa untuk bertanya dan menanggapi paparan yang dilakukan.

Para panelis merupakan perwakilan dosen dari delapan fakultas selingkung UNIB, yaitu Dr. Widia N. Rosari, SH, M.Hum, (Fakultas Hukum), Dr. I Wayan Dharmayana, M.Psi (FKIP), Helmizar, ST, MT, Ph.D (Fakultas Teknik), Dr. Ramya Rachmawati, M.Si (FMIPA), Antony Sitorus, SE, MPM (FEB), Dr. Ir. Dwatmadji, M.Sc (Fakultas Pertanian), Drs. Djarto Tarigan, M.Si (FISIP), dan dr. Noordiah Erlinawati, M.Gizi (FKIK). [Penulis : Purna H. Foto : Ngamarudin]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates