.
Breaking News
Home » Berita Umum » PKK Mahasiswa Baru UNIB Sukses dan Meriah
PKK Mahasiswa Baru UNIB Sukses dan Meriah

PKK Mahasiswa Baru UNIB Sukses dan Meriah

ACARA pembukaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) Mahasiswa baru Universitas Bengkulu Tahun Ajaran 2017-2018 berlangsung sukses dan meriah, Senin (7/08/2017) di Gedung Serba Guna (GSG) UNIB.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pembukaan PKK kali ini dilaksanakan di ruang tertutup. Meskipun peserta mencapai 4.000 lebih, namun seluruh rangkaian acara berlangsung tertib, lancar, rapi, dan meriah.

Menjelang acara pembukaan PKK yang dilakukan secara resmi oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Si, para peserta PKK dipandu oleh panitia dan para senior mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) melakukan sejumlah parade/atraksi di tempat duduk masing-masing.

Parade pertama yaitu mengangkat property kertas karton berwarna biru, kuning, dan putih kemudian masing-masing peserta PKK yang duduk di bagian tengah bawah mengangkat dan menahan proferty tersebut di atas kepala sehingga tampak dari atas membentuk logo UNIB persegi lima ukuran raksasa.

Atraksi kedua yaitu masih dengan pola yang sama, dimana para peserta mengangkat property kertas karton berwarna dan belahan foto yang kemudian diangkat di atas kepala dan belahan foto tersebut ketika disatukan ternyata membentuk foto Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc. Atraksi foto Rektor tersebut dilakukan para peserta PKK yang duduk di balkon tengah atas.

Berbagai parade dan atraksi yang ditampilkan ribuan mahasiswa baru itu membuat rektor dan para pimpinan, para dekan dan anggota senat yang duduk di kursi panggung memberikan aplus seraya berdiri.

Dalam laporannya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Mochamad Ridwan, menjelaskan, jumlah mahasiswa baru baik dari program S1 maupun Program Vokasi yang telah melakukan registrasi atau pendaftaran ulang sebanyak 4.007 orang, yang terdiri dari 8 fakultas yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas ISIP, Fakultas MIPA, Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

Dari 4007 orang mahasiswa baru tersebut didistribuskan ke dalam 20 gugus, yang masing-masing gugur terdiri dari rata-rata 200 mahasiswa baru.

Pelaksanaan kegiatan PKK MABA Universitas Bengkulu Tahun Ajaran 2017 dimulai dari tanggal 7 Agustus hingga 10 Agustus 2017. Tanggal 7 – 8 Agustus 2017 merupakan pelaksanaan PKK MABA tingkat universitas dan tanggal 9 – 10 Agustus 2017 merupakan pelaksanaan PKK MABA tingkat fakultas.

Dijelaskan M. Ridwan, kegiatan PKK MABA merupakan sebuah momentum bersejarah bagi setiap siswa yang masuk ‘pintu gerbang perguruan tinggi’, yakni dengan beralih statusnya dari siswa menjadi mahasiswa.

“Peralihan status inilah menyiratkan sebuah keniscayaan-sebuah keharusan untuk melakukan berbagai ‘perubahan’ yakni perubahan berfikir, perubahan cara pandang (mind-set), perubahan sikap, perubahan prilaku, perubahan kebiasaan, dan perubahan dalam menata serta melihat masa depan,” papar M. Ridwan.

Ridwan juga menjelaskan, pelaksanaan kegiatan PKK MABA dilarang keras adanya unsure perpeloncoan dan unsure kekerasan baik secara fisik maupun mental. Oleh karenanya, harapan dan sekaligus himbauan kepada semua pihak yang terlibat dalam PKK MABA UNIB ini, baik secara langsung maupun tidak langsung, hendaknya menaruh komitmen penuh dan dedikasi yang tinggi atas terlenggaranya PKK MABA UNIB 2017 dengan suasana yang kondusif, baik PKK tingkat universitas maupun di fakultas selingkung UNIB,

“PKK MABA UNIB ini dilarang keras adanya perpeloncoan dan unsur kekerasan baik secara fisik maupun mental,” tegas M. Ridwan.[Hms1. Foto : Ngamarudin]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates