.
Home » Berita Umum » Safari Ramadhan ke Fakultas, Rektor Jaring Aspirasi
Safari Ramadhan ke Fakultas, Rektor Jaring Aspirasi

Safari Ramadhan ke Fakultas, Rektor Jaring Aspirasi

REKTOR Universitas Bengkulu Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc beserta para wakil rektor, kepala biro, kepala lembaga serta ketua unit pelaksana teknis (UPT) selingkung UNIB, melakukan “safari ramadhan” dengan mengunjungi seluruh fakultas dan berdiskusi dengan para dosen, staf, karyawan dan mahasiswa di dekanat masing-masing.

Kegiatan ini meruapakan agenda rutin tahunan dan sudah menjadi semacam tradisi baik yang dilakukan pimpinan UNIB setiap bulan ramadhan. Pada safari ramadhan kali ini, kunjungan  diawali ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang berlangsung pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB, Senin, 5 Juni lalu.

Pada hari yang sama, dilanjutkan kunjungan ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) pada sore hari pukul 16.00 WIB hingga 19.00 WIB yang sekaligus dirangkai kegiatan berbuka bersama dengan para dosen dan karyawan fakultas setempat.

Berikutnya, Rektor dan rombongan yang menggunakan mobil bis kampus, melakukan kunjungan ke fakultas lainnya baik di siang maupun sore hari. Secara berturut-turut, jadwal kunjugan safari ramadhan pimpinan UNIB sebagai berikut ; Senin 5 Juni ke FKIP dan FEB, Selasa 6 Juni ke Fakultas Teknik, Rabu 7 Juni ke Fakultas MIPA, Kamis 8 Juni ke Fakultas Hukum, Senin 12 Juni ke Fakultas Pertanian, Selasa 13 Juni ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan terakhir Rabu 14 Juni ke Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Selain untuk bertatap muka dan mempererat silahturahmi dengan pimpinan fakultas, dosen karyawan, serta mahasiswa, kegiatan ini merupakan ajang diskusi antara pimpinan universitas dengan sivitas akademika di tingkat fakultas, serta menjaring aspirasi dalam rangka untuk sama-sama memikirkan pembangunan UNIB agar lebih maju lagi.

Pantauan Tim Humas, meskipun acara diskusi hanya berdurasi kurang lebih dua jam, namun suasana keakraban dan kekeluargaan sangat tampak pada kegiatan ini sehingga diskusi berlangsung dinamis dan banyak sekali masukan, saran, ide-ide cemerlang, serta aspirasi yang disampaikan oleh staf dosen dan karyawan.

Saran dan masukan serta aspirasi tersebut, terutama menyangkut fasilitas, sarana dan prasarana pembelajaran yang belum optimal, serta ada juga aspirasi-aspirasi menyangkut layanan dan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan kesejahteraan dosen dan karyawan.

Berbagai masukan, saran, ide dan aspirasi itu langsung ditanggapi oleh Rektor, Wakil Rektor dan pimpinan UNIB lainnya, serta kepala-kepala badan/unit kerja yang sengaja dilibatkan dalam rombongan safari ramadhan ini.

“Sengaja kita libatkan dalam rombongan ini para ketua-ketua lembaga dan unit kerja. Ada Ketua LPTIK, Ketua LPPM, Ketua LPMPP, Ketua UPT Bahasa, UPT Perpustakaan, PPID, dan lain-lain. Jika ada pertanyaan atau saran, bisa disampaikan kemudian ditanggapi secara langsung oleh unit kerja masing-masing,” ujar Rektor.

Kepada seluruh fakultas Rektor menekankan agar kegiatan-kegiatan dan program yang ada saat ini maupun akan datang lebih difokuskan kepada peningkatan atmosfir akademik. Sebab, tingkat akademik atmosfir sangat berpengaruh terhadap penilaian akreditasi baik akreditasi program studi, maupun institusi.

“Untuk fasilitas dan sarana prasarana secara umum sudah cukup bagus di setiap fakultas, meskipun ada beberapa yang harus kita optimalkan dan dilakukan pembenahan. Sekarang, seluruh program studi dan seluruh fakultas kita minta fokus meningkatkan atmosfir akademik, sehingga akreditasi institusi bisa bagus dan upaya mencapai visi dan misi institusi akan mudah terwujud,” demikian Rektor.[Penulis : Purna Herawan/Tim Humas]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates