.
Home » Berita Umum » Peti Soal SBMPTN 2017 Resmi Dibuka
Peti Soal SBMPTN 2017 Resmi Dibuka

Peti Soal SBMPTN 2017 Resmi Dibuka

PULUHAN peti kayu yang berisi soal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2017 resmi dibuka, Senin malam (15/5/2017) pukul 21.00 WIB, di ruang dharma wanitia gedung rektorat UNIB.

Peresmian pembukaan segel peti dilakukan secara simbolis oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc dilanjutkan pembukaan seluruh peti oleh Panitia Lokal 25 Bengkulu. Kegiatan ini dihadiri para wakil rektor, ketua senat universitas, para dekan, kepala biro, ketua lembaga selingkung UNIB, serta para pengawas dan panitia pelaksana SBMPTN 2017.

Kemudian tampak hadir pula unsur keamanan dari TNI dan Polri, serta Tim Monev SBMPTN Pusat Dr. Eng. Febriliyan Samopa, S.Kom, M.Kom dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik UNIB, Prof. Dr. Ir. Dwinardi Apriyanto, M.Sc selaku Ketua Panitia Lokal 25 Bengkulu SBMPTN 2017, menjelaskan, pembukaan peti soal ini merupakan rangkaian kegiatan SBMPTN 2017 yang akan dilaksanakan mulai besok, Selasa (16/5/2017), serentak seluruh Indonesia (hari ini, red).

Untuk Bengkulu kata Prof. Dwinardi, hingga batas waktu yang telah ditetapkan, jumlah peserta tercatat 7883 orang dengan sistem PBT (paper based testing), terdiri dari kelompok Saintek sebanyak 1924 orang, Soshum 3442 orang, dan kelompok campuran 2517 orang. Kemudian peserta dengan sistem CBT (computer based testing) sebanyak 260 orang. Sehingga total peserta SBMPTN sebanyak 8143 orang.

Lokasi test yaitu di kampus utama UNIB Jalan WR. Supratman, Kandang Limun, kampus PGSD UNIB di Jalan Cimanuk KM 6,5, dan Poltekkes UNIB di kawasan Padang Harapan Kota Bengkulu. Jumlah ruangan sebanyak 281 untuk PBT dan 9 ruang untuk CBT yang tersebar di 28 gedung dan dibagi dalam 10 sektor.

Pelaksanaan test akan diawasi ketat oleh staf dosen dan karyawan UNIB yang telah diberikan pelatihan pengawasan. Perbandingan pengawasan, satu orang pengawas mengawasi 20 peserta. Sehingga jumlah pengawas sebanyak 398 orang, dan penanggungjawab ruangan (PJR) sebanyak 281 orang untuk PBT dan 9 orang CBT.

“Seluruh persiapan telah kita usahakan semaksimal mungkin dan sesuai dengan prosedur operasional yang telah ditetapkan. Semoga SBMPTN tahun ini berjalan sukses, tanpa kendala berarti,” tukas Prof. Dwinardi Apriyanto.

Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada seluruh panitia yang telah melakukan persiapan maksimal untuk kelancaran dan kesuksesan test SBMPTN besok (hari ini, red).

Namun Rektor kembali menekankan agar seluruh pengawas dan panitia senantiasa waspada dan segera mengantisipasi jika terjadi kesalahan atau ada indikasi kecurangan yang sengaja dilakukan peserta test.

“Kita memang sudah berpengalaman melaksanakan kegiatan ini dan tergolong sukses dari tahun ketahun. Namun tidak boleh lengah sedikit pun. Harus waspada terhadap kemungkinan kecurangan, perjokian dan lain sebagainya. Kemudian pelayanan terhadap peserta harus bagus dan berkualitas. Jika ada masalah, segera carikan solusinya secara bersama-sama,” tegas Dr. Ridwan Nurazi.

Pantauan Tim Humas, proses pembukaan peti soal SBMPTN 2017 berlangsung lancar, tanpa kendala. Soal-soal itu sendiri masih terbungkus dalam amplop bersegel resmi dan setelah dikeluarkan dari peti langsung diamankan oleh panitia, untuk kemudian didistribusikan kepada penanggungjawab ruangan masing-masing besok pagi. [Penulis : Purna Herawan. Foto : Ngamarudin]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates