.
Home » Berita Umum » Penerima PKM Kemenristek Dikti 2017 Implementasikan Programnya
Penerima PKM Kemenristek Dikti 2017 Implementasikan Programnya

Penerima PKM Kemenristek Dikti 2017 Implementasikan Programnya

EMPAT mahasiswa Universitas Bengkulu yang menerima Program Kreativitas Mahasiswa – Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), mulai mengimplementasikan programnya di Kantor Kelurahan Malabero, Kota Bengkulu, Selasa (16/5/2017) lalu.

Keempat mahasiswa UNIB itu adalah Hari Laksamana (Agribisnis 2013) sebagai ketua, dan Ferry Ro’is (Agroekoteknologi 2012), Dery Syahputra (Agroekoteknologi 2013), dan Alfita Shirat Firdausiyah (Agribisnis 2013).

Mereka juga bekerjasama dengan Community Development UKM P3M UNIB, menyelenggarakan penyuluhan dan pendampingan dalam rangka penguatan kelembagaan bagi ibu-ibu rumah tangga nelayan di wilayah pesisir Kota Bengkulu sebagai sasaran kegiatan.

Acara penyuluhan ini dibuka oleh Lurah Kelurahan Malabero dan dihadiri komponen terkait seperti dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu, serta Tim Pelaksana PKM-M Kemenristekdikti Tahun 2017 dari Universitas Bengkulu.

Hari Laksamana selaku Ketua Tim menjelaskan, program yang bertema “Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Ibu Rumah Tangga Nelayan” ini merupakan program yang bergerak pada penguatan kelembagaan, pengetahuan masyarakat tentang pengoptimalan potensi yang ada di wilayah tersebut.

“Dengan penguatan kelembagaan dan peningkatan pengetahuan masyarakat, diharapkan berbagai potensi dapat dioptimalkan sehingga memberikan dampak bagi peningkatan pendapatan rumah tangga nelayan,” ujarnya.

Kegiatan penyuluhan ini kata Hari merupakan langkah awal mensosialisasikan program pengabdian pada masyarakat, sebagai bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selanjutnya, mahasiswa penerima PKM-M Kemenristekdikti bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM akan membentuk suatu badan hukum koperasi bagi masyarakat sasaran yang ke depannya akan dilakukan pendampingan oleh mahasiswa dan instansi pemerintah tersebut.

Artinya, kegiatan ini tidak sebatas sosialisasi, pelatihan-pelatihan kewirausahaan dan pembentukan badan hukum koperasi saja tetapi kedepannya akan diutamakan pendampingan tentang bagaimana koperasi ini bisa berjalan sehingga selaras dengan tujuan koperasi yaitu mensejahterakan anggota khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya.

Ke depan Hari Laksamana juga berharap, tidak hanya satu atau dua orang saja yang melalakukan hal seperti ini tetapi bagaimana agar seluruh Ormawa memiliki desa binaan agar dapat menjadikan kampus UNIB cerah dalam menyongsong Tri Dharma Perguruan Tinggi serta visi-misinya tersebut.[Lap : PKM : Editor : Hms1]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates