.
Home » Berita Umum » 2020, UNIB Memposisikan Sebagai Universitas Berdaya Saing Nasional
2020, UNIB Memposisikan Sebagai Universitas Berdaya Saing Nasional

2020, UNIB Memposisikan Sebagai Universitas Berdaya Saing Nasional

UNTUK mewujudkan visi UNIB menjadi universitas kelas dunia pada tahun 2025 dengan keunikan Tropical Rain Forest and Coastal Area Management, tentu harus melalui berbagai tahapan dan keterlibatan semua stakeholders.

Sesuai dengan grand strategy dan milestone yang telah disusun, saat ini UNIB masih tahap peningkatan kapasitas dan tata kelola universitas yang sehat untuk mencapai standar mutu nasional yang baik.

“Pada 2020, kita harus memposisikan sebagai universitas berdaya saing nasinoal. Tahun berikutnya berdaya saing regional Asia Tenggara, baru pada 2025 kita menjadi universitas berdaya saing internasional,” ujar Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc mengawali Roundtable Discussion UNIB Towards WCU 2025 ; Internalization, Resource, Preparedness, and Action Plans, Selasa (9/5/2017) di ruang rapat tiga gedung rektorat.

Diskusi ini dimoderatori Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Fahrurrozi, M.Sc dan Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP Dr. Dra. Titiek Kartika Hendrastiti, MA. Sementara peserta diskusi yang sekaligus menjadi narasumber adalah ketua dan anggota senat universitas, para wakil rektor, para dekan dan wakil dekan, para ketua-ketua lembaga dan unit kerja, serta para Kabag dan Kasubbag selingkung UNIB.

Setiap peserta diberikan kesempatan untuk mengutarakan saran dan pendapat, gagasan, serta ide-ide cemerlang terkait topik yang erat kaitan dengan upaya pencapaian visi UNIB. Sumbang saran dan pikiran itu kemudian dicatat dan dikelompokkan sehingga menjadi sebuah resume untuk disampaikan dan menjadi acuan bagi institusi.

Moderator pada diskusi itu, membuka enam sesi dengan enam topik berupa pertanyaan, yaitu ; pertama, Apa yang terlintas dalam pikiran ibu/bapak jika mendengar visi UNIB untuk menjadi WCU 2025 ? Topik kedua, Bagaimana Posisioning UNIB untuk mencapai WCU ? Topik 3, Kontribusi apa yang sudah dilakukan masing-masing unit kerja untuk mendorong WCU ? Topik 4, Dengan kondisi yang sekarang, apa yang dapat dilakukan mendorong WCU ? Topik 5, Apa yang perlu dipertajam, agar konsep, target, tujuan, instrument, dan arah menuju WCU lebih jelas ? dan Topik 6, Apa yang dapat dilakukan agar terjadi akselerasi UNIB mencapai WCU ?

Pertanyaan-pertanyaan ini mendapat banyak tanggapan, saran dan masukan dari peserta diskusi. “Semua tanggapan, saran dan masukan akan kita susun sedemikian rupa dalam satu naskah laporan. Kemudian laporan itu kita serahkan kepada Ketua Panitia Dies Natalis ke-35 UNIB, dan selanjutnya panitia dies natalis akan menyerahkan kepada pimpinan UNIB,” ujar moderator. [Penulis : Purna Herawan. Foto : Ngamarudin].

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates