.
Breaking News
Home » Berita Umum » FH UNIB Launching Jurnal Internasional
FH UNIB Launching Jurnal Internasional

FH UNIB Launching Jurnal Internasional

SALAH satu upaya mendorong terwujudnya visi institusi yaitu menjadikan Universitas Bengkulu sebagai World Class University (WCU) pada 2025, Fakultas Hukum UNIB menerbitkan jurnal bertaraf  internasional yang diberi nama University of Bengkulu Law Journal (UBELAJ).

Peluncuran jurnal ini dilakukan Dekan Fakultas Hukum UNIB, Prof. Dr. Herawan Sauni, SH, MH, di sela-sela acara yudisium periode ke-81, di auditorium gedung C, Selasa (25/4/2017).

“Visi institusi harus kita wujudkan bersama-sama. Peluncuran jurnal iternasional UBELAJ ini merupakan salah satu kontribusi nyata kita untuk mendorong terwujudnya visi besar UNIB menjadi WCU pada 2025. Dengan mengucapkan Bismillahirahmannirrahim, University of Bengkulu Law Journal hari ini kita resmikan,” ujar Prof. Herawan.

Selain mendorong terwujudnya WCU kata Prof. Herawan, jurnal ini juga menjadi wadah publikasi karya ilmiah bagi para dosen, serta bertujuan untuk menunjang akreditasi fakultas hukum yang saat ini sudah bernilai A.

“Saya sangat bangga karena ini merupakan jurnal hukum bertaraf internasional pertama di Bengkulu. Kita akan support dan semoga acara launching ini menjadi salah satu momentum bersejarah bagi peningkatan kualitas fakultas hukum UNIB,” tukas Prof. Herawan.

Sementara itu, Chief Editor UBELAJ Dr. Edra Satmaidi, SH, MH menjelaskan, selama ini Fakultas Hukum UNIB sudah memiliki tiga jurnal. Tapi baru UBELAJ ini yang bertaraf internasional.

Penulis karya ilmiah pada UBELAJ tidak terbatas pada dosen fakultas hukum, tapi dosen dari fakultas lain juga bisa menyumbang tulisan dan karya ilmiah asalkan substansinya ada terkait dengan hukum. “Dari fakultas pertanian misalnya, bisa menyumbang tulisan tentang hukum pertanian, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Jurnal ini akan terbit dua edisi setahun yaitu pada bulan April dan Oktober, sebanyak 200 halaman. Para editor merupakan para expert dari luar negeri dan dalam negeri, seperti para ahli dari Thaksin University, UNDIP, UI, Universitas Airlangga, Universitas Makasar, UNPAD, Universitas Hasanudin, Universitas Andalas, Universitas Patimura dan dari UNIB sendiri.

Jurnal ini juga bisa menjadi refrensi atau bahan rujukan bagi para mahasiswa, dosen dan pihak berkepentingan lainnya, terkait penelitian atau untuk menambah pengetahuan tentang ilmu hukum, demikian Dr. Edra.

Website Resmi Fakultas

Selain jurnal bertaraf internasional, Fakultas Hukum juga meresmikan website fakultas yang akan menjadi “jendela informasi” bagi dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan proses akademik. Berbagai pengumuman dan informasi akan ditampilkan di website, sehingga mahasiswa lebih mudah, tidak repot melihat pegumuman di papan pengumuman gedung dekanat.

“Melalui website ini juga akan ditampilkan berbagai informasi publik sebagai wujud keterbukaan informasi kepada masyarakat umum. Jadi, masyarakat yang ingin mendapat informasi tidak perlu repot-repot datang ke dekanat, tapi cukup membuka website sudah bisa mengakses informasi yang dibutuhkan,” ujar Direktur Website Fakultas Hukum, Junaide, SE.

Keberadaan website ini juga mendapat apresiasi Dekan FH UNIB Prof. Herawan Sauni. “Sekarang zaman sudah canggih dan kita tidak boleh ketinggalan. Penyebarluasan informasi bisa dilakukan secara on line, tidak bisa hanya dengan cara-cara konvensional. Ini semua bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses akademik dan memberikan layanan prima kepada peneriman manfaat,” ujar Prof. Herawan.[Laporan : Andrian S. Editor : Purna Herawan]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates