.
Breaking News
Home » Berita Umum » Bank Mandiri Sosialisasi Tata Kelola Keuangan Host To Host
Bank Mandiri Sosialisasi Tata Kelola Keuangan Host To Host

Bank Mandiri Sosialisasi Tata Kelola Keuangan Host To Host

MANAJEMEN PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk yang dipimpin langsung Area Head Bengkulu, Bimo Raharjo, berkunjung ke Universitas Bengkulu dan melakukan sosialisasi tata kelola keuangan menggunakan system Host To Host, Selasa (11/4/2017) di ruang rapat tiga gedung rektorat UNIB.

Acara ini disambut baik oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc dan berharap agar system Host To Host bisa diterapkan di UNIB mengingat semakin berkembangnya UNIB maka dibutuhkan tata kelola keuangan yang baik dan canggih.

“System Host To Host ini sangat bagus dan kita berharap kerjasama antara UNIB dan Bank Mandiri yang sudah terjalin baik selama ini dapat ditingkatkan lagi ke depannya. Kerjasama dimaksud seperti tata kelola keuangan untuk Program Pascasarjana yang saat ini semakin banyak di UNIB,” ujar Rektor.

Selain Rektor, tampak hadir pula Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya, Dr. rer. nat. Totok Eka Suharto, Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Widodo, Kepala Biro USD Ir. Ahmad Nezar, para Dekan, para pimpinan unit kerja termasuk dari LPTIK (Lembaga Pengembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi), serta para staf pengelola keuangan dari berbagai unit kerja selingkung UNIB.

Pada kesempatan itu, Area Head Bank Mandiri Bengkulu, Bimo Raharjo menjelaskan, beberapa tahun terakhir Bank Mandiri dipercaya sebagai bank mitra dalam penyelenggaraan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).

“Dengan pengalaman SNMPTN dan SBMPTN itu kita saat ini mengembangkan system Host To Host ke masing-masing universitas yang dinilai sudah mampu dan memiliki fasilitas Teknologi Informasi memadai. Seperti di UNIB ini, server-nya sudah bagus dan fasilitas lain juga sudah memadai. Apalagi saat ini UNIB telah mengalami banyak sekali kemajuan dan jumlah mahasiswanya tidak sedikit,” ujarnya.

Apa itu Host To Host ? Manajemen Bank Mandiri menjelaskan, Host To Host adalah sistem antar server komputer yang terhubung satu sama lain secara langsung. Server universitas untuk keperluan pembayaran biaya pendidikan dan proses registarsi mahasiswa terhubung langsung dengan server bank.

Dengan system ini, mahasiswa dapat langsung membayar biaya pendidikan (UKT atau lainnya) secara online via ATM atau channel pembayaran lainnya di mana pun berada dan kapan pun karena system ini terkoneksi 24 jam. Jadi, dengan system ini mahasiswa tidak perlu antre lagi di bagian staf pembayaran, dan tentunya dapat memberikan rasa aman karena tidak harus membawa uang cash ke kampus.

Singkatnya, dengan Host To Host bisa menciptakan system pembayaran atau transaksi keuangan di lingkungan universitas secara efektif dan efisen serta terjamin keamanannya. Hal ini tentu sangat dibutuhkan bagi universitas yang tengah mengalami kemajuan pesat seperti UNIB. Demikian ujar Tim Sosialisasi dari Manajemen Bank Mandiri.

Selain sosialisasi Host To Host, pada kesempatan itu manajemen Bank Mandiri juga memaparkan product holding-nya serta menyerahkan bantuan secara simbolis sebagai bentuk program bina lingkungan atau CSR (Corporate Social Responsbility) yang selama ini pun sering diberikan kepada UNIB sebagai salah satu implikasi kerjasama yang terjalin baik. Bantuan tersebut diterima secara simbolis oleh Rektor UNIB Dr. Ridwan Nurazi.[Penulis : Purna Herawan. Foto : Ngamarudin]

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates